Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan MXT1296M1T yang Dukung Berbagai Aspect Ratio

By Cakrawala, Kamis, 2 Desember 2021 | 23:00 WIB

Ilustrasi penggunaan Microchip MXT1296M1T pada suatu kendaraan.

Microchip Technology belum lama ini mengumumkan maXTouch touchscreen controller baru di dunia. Microchip menyebutkan MXT1296M1T tersebut mendukung berbagai aspect ratio sehingga bisa menjawab kebutuhan industri otomotif akan layar sentuh alias touchscreen yang makin besar dengan ukuran dan aspect ratio yang beragam. Dengan MXT1296M1T, Microchip meyakini para desainer otomotif bisa terbantu dalam menghadirkan layar sentuh pada aneka kendaraan; layar sentuh yang aspect ratio-nya belum tentu sama antara kendaraan yang satu dengan yang lain. Tak hanya "membebaskan" desainer perihal aspect ratio displai sentuh pada kendaraan, Microchip menambahkan MXT1296M1T juga menyertakan dukungan fungsi keamanan tambahan yang diminta oleh para OEM (original equipment manufacturer).

“Sejalan dengan layar sentuh menjadi makin populer pada antarmuka pengguna otomotif, para produsen mobil menggunakan berbagai format dan bentuk tampilan untuk mengakomodasi desain interior dan menonjolkan identitas merek mereka,” ujar Clayton Pillion (Direktur Unit Bisnis Antarmuka Mesin Manusia, Microchip Technology). “Sebagai pemasok pengendali layar sentuh otomotif nomor satu, kami tahu bahwa produk dengan fitur diagnostik yang ditingkatkan memberikan keuntungan signifikan bagi pelanggan yang merancang dengan fitur unik dan persyaratan keselamatan fungsional ISO 26262 yang meningkat pada pikiran mereka,” tambahnya.

Microchip menjelaskan bahwa MXT1296M1T bisa dikonfigurasi ulang pada kanal penggerak dan penerimanya agar benar-benar sesuai dengan format layar sentuh yang digunakan, mulai dari aspect ratio 1 : 1 sampai 5 : 1. Microchip mengaskan aspect ratio 8 : 3 yang populer untuk otomotif termasuk yang didukung. Kehadiran fitur bersangkutan diklaim Microchip membuat desainer otomotif bisa secara efisien menggunakan kanal-kanal sentuh yang tersedia dari sisi jumlah tanpa perlu memanfaatkan pengendali layar sentuh yang lebih mahal. Berhubung mendukung berbagai aspect ratio, Microchip MXT1296M1T tentunya juga bisa menekan biaya berhubung desainer otomotif bisa menggunakan desain PCB yang umum/sama untuk aneka aspect ratio.

Seperti telah disebutkan, Microchip MXT1296M1T juga mengintegrasikan fitur-fitur keselamatan fungsional. Microchip mengeklaim fitur-fitur itu secara konstan memeriksa integritas dari operasi MXT1296M1T, juga sensor-sensor sentuh yang terkoneksi. Akan tersedia pula manual FMEDA (failure modes effects diagnostic analysis) serta keselamatan fungsional yang memudahkan produsen kendaraan untuk mendesain, membangun, dan mensertifikasi suatu sistem untuk ASIL-B (automotive safety integrity level B) dari ISO 26262. Selain itu, Microchip MXT1296M1T juga membolehkan high resolution transmit waveform control untuk menekan emisi frekuensi radio agar menghindari interferensi dengan perangkat lain seperti radio kendaraan.

Diklaim sebagai maXTouch touchscreen controller paling serba guna, Microchip MXT1296M1T sendiri saat ini sudah tersedia secara massal. manual FMEDA dan keselamatan fungsional akan bisa dibeli pada kuartal pertama tahun 2022. Terdapat pula development kit yang bisa membantu dalam pengembangan.