Find Us On Social Media :

Hadir Tahun Depan, Ini Bocoran Spesifikasi Smartwatch Pertama Google

By Adam Rizal, Rabu, 8 Desember 2021 | 13:00 WIB

Google Pixel Watch

Google akan meluncurkan smartwatch pertamanya pada 2022 sekaligus melengkapi portofolionya di pasar yang sebelumnya sudah hadir Google Pixel.

Divisi hardware Google Pixel yang terpisah dari Fitbit sedang mengembangkan smartwatch dengan kode "Rohan" ini dibuat oleh

Nantinya, smartwatch buatan Google itu akan memiliki fitur kebugaran dasar, seperti penghitungan langkah dan monitor detak jantung.

Pengguna juga akan dapat memanfaatkan berbagai fitur smartwatch yang terintegrasi dengan berbagai produk Google seperti Google Calendar, Google Play, Google Keep, Google Mail, dan Google Maps.

Sebagai informasi, Fitbit sendiri merupakan salah satu pinoir di ranah perangkat gelang pintar.

Google mengakuisisi Fitbit dengan nilai 2,1 miliar dollar AS atau setara Rp 29,3 triliun pada akhir 2019 lalu seperti dikutip The Verge.

Sejak 2014, Google telah meluncurkan sistem operasi khusus smartwatch yakni WearOS. WearOS adalah sistem operasi terbuka berbasis Android yang dapat digunakan oleh para vendor pembuat smartwatch seperti Samsung dengan Galaxy Watch-nya.

Jam tangan pintar Google itu akan dijual lebih mahal daripada produk Fitbit senilai 299 dollar AS atau Rp 4,2 juta dan akan bersaing dengan smartwatch lain seperti Apple Watch.

Google sebenarnya hampir memiliki smartwatch besutannya sendiri. LG Watch Sport dan LG Watch Style yang dirilis pada tahun 2017, pada awalnya akan dipasarkan sebagai bagian dari merek Pixel.

Namun, salah satu petinggi Google membatalkan ide tersebut lantaran kedua smartwatch itu "kurang berkesan" saat diluncurkan.