Find Us On Social Media :

Garmin: Tiga Temuan Kesehatan Pengguna di Asia pada Tahun 2021 Ini

By Cakrawala, Sabtu, 11 Desember 2021 | 23:15 WIB

Ilustrasi pemantuan kesehatan menggunakan smartwatch Garmin.

Garmin beberapa hari lalu di Jakarta membagikan sejumlah temuannya perihal kesehatan pengguna Garmin di Asia untuk tahun 2021 ini. Garmin menambahkan bahwa pandemi COVID-19 telah mengubah gaya hidup; mengakibatkan lebih banyak orang kesulitan keluar dari perangkap metabolisme yang bermasalah. Seiring berjalannya waktu, pandemi COVID-19 mengakibatkan masalah kesehatan seperti kualitas tidur yang buruk karena kecemasan dan stres. PPKM (pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat) serta imbauan bekerja dan belajar dari rumah menurut Garmin menyebabkan penurunan metabolisme akibat gaya hidup yang minim pergerakan. Garmin menegaskan smartwatch yang ditawarkannya bisa membantu masyarakat Indonesia untuk menjaga kesehatannya. Adapun temuan yang dibagikan Garmin bisa menjadi masukan untuk masyarakat tanah air.

Terdapat tiga temuan akan kesehatan pengguna Garmin di Asia untuk tahun 2021 yang dibagikan. Ketiga temuan yang dimaksud bisa dilihat berikut ini. Garmin menyebutkan temuan tersebut berasal dari "Laporan Data Kesehatan Pengguna Garmin di Asia tahun 2021" yang melacak data pengguna dari Januari sampai September 2021. Garmin memastikan data pengguna yang dimaksud dikumpulkan secara anonim serta untuk tujuan pengamatan jangka panjang dan pemahaman akan dampak berbagai faktor pada kesehatan.

1. India Menjadi Negara dengan Kalori Istirahat Tertinggi

Berdasarkan data kalori istirahat dari para pengguna di Asia pada tahun 2021, tiga negara dengan kalori istirahat rata-rata tertinggi adalah India (2.490 kal), Korea Selatan (2.451 kal), dan Hong Kong (2.402 kal). Sementara, tiga negara dengan kalori istirahat rata-rata terendah adalah Thailand (2.207 kal), Jepang (2.232 kal), dan Vietnam (2.287 kal). Indonesia berada di antaranya. Garmin pun menambahkan bahwa makin bertambah usia pengguna, makin rendah kalori istirahat yang dimiliki. Garmin menemukan kalori istirahat menurun secara signifikan pada rentang usia 55 tahun ke atas untuk pengguna di Asia.

2. Indonesia adalah Negara dengan Tingkat Aktivitas Terendah

Menurut data intensitas menit mingguan pengguna di Asia pada tahun 2021, secara keseluruhan tingkat aktivitas mengalami penurunan dari sebelumnya. Menariknya, Indonesia (33 menit) adalah negara dengan tingkat aktivitas rata-rata terendah, diikuti oleh Thailand (36 menit) dan Taiwan (40 menit). Adapun tiga negara dengan tingkat aktivitas rata-rata tertinggi adalah Hong Kong (53 menit), India (47 menit), dan Korea Selatan (46.9 menit). Selain itu, pengguna yang lebih tua secara rata-rata mencatat lebih banyak menit intensitas mingguan dibandingkan pengguna yang lebih muda; bisa disimpulkan bahwa pengguna menjadi lebih sadar akan kesehatan seiring bertambahnya usia.

3. Indonesia Merupakan Negara dengan Tingkat Stres Paling Tinggi

Menurut data tingkat stres pengguna di Asia pada tahun 2021; tingkat stres negara-negara selain Tiongkok dan Vietnam meningkat dari sebelumnya serta tingkat stres pria secara keseluruhan lebih tinggi dari wanita. Indonesia merupakan negara dengan tingkat stres rata-rata tertinggi, diikuti Filipina dan Malaysia. Namun, Garmin tidak membagikan tiga negara yang memiliki tingkat stres paling rendah. Begitu pula besarannya.