Find Us On Social Media :

Startup Lemonilo Berhasil Raih Pendanaan Seri C Senilai US$36 juta

By Rafki Fachrizal, Senin, 13 Desember 2021 | 18:15 WIB

Startup di bidang healthy lifestyle consumer goods asal Indonesia, Lemonilo, berhasil meraih pendanaan Seri C sebesar US$36 juta yang dipimpin oleh Sofina.

Sequoia Capital India, yang juga merupakan investor Lemonilo saat ini, juga turut berpartisipasi dalam seri pendanaan tersebut.

Lemonilo berencana menggunakan pendanaan barunya untuk memperkuat bisnisnya saat ini dan melakukan ekspansi ke pasar internasional.

“Sebagai perusahaan yang berada dalam tahap pertumbuhan, kami telah membuktikan bahwa model bisnis kami bekerja dengan efektif di Indonesia, sehingga kami berencana untuk membawa konsep bisnis kami ke negara lain juga, dimulai dengan negara tetangga,” Shinta Nurfauzia selaku Co-CEO Lemonilo.

“Kami berterima kasih atas dukungan dan kepercayaan yang terus berlanjut dari Sequoia Capital India, serta sangat senang menyambut Sofina sebagai investor terbaru kami. Dengan keahlian Sofina dalam bekerja sama dengan perusahaan FMCG yang sudah mapan, kami yakin Lemonilo dapat menjadi salah satu wajah baru perusahaan FMCG di Indonesia dan sekitarnya,” tambah Shinta.

Shinta melanjutkan, selain mengembangkan bisnis di luar negeri, Lemonilo juga akan menggarap pasar nasional.

Ia berharap pendanaan ini dapat membantu memperkuat jaringan distribusi Lemonilo di seluruh Indonesia sehingga produk Lemonilo dapat menjangkau seluruh lapisan masyarakat di pelosok tanah air.

Sementara itu, Ronald Wijaya selaku Co-CEO Lemonilo, menyebutkan bahwa Lemonilo akan terus memfokuskan sebagian besar pada pasar intinya sambil terus melakukan inovasi produk-produk baru.

“Kami yakin semakin banyak orang ingin hidup lebih sehat, terutama sejak COVID-19 melanda negara kita. Oleh karena itu, melalui pendanaan ini, Lemonilo akan terus fokus pada pasar Indonesia sambil berinovasi pada produk-produk baru yang sesuai dengan nilai yang dianut Lemonilo, yaitu tanpa pengawet, penguat rasa, dan pewarna buatan,” jelas Ronald.

Lemonilo didirikan pada tahun 2016 oleh Shinta Nurfauzia, Ronald Wijaya, dan Johannes Ardiant (Chief of Product and Tech).

Hingga kini, Lemonilo telah meluncurkan lebih dari 40 jenis produk, mulai dari mi instan, camilan, hingga bumbu dapur.

Semua produk ini dijual di platform digitalnya sendiri dan tersedia di lebih dari 200.000 POS (point of sales) di Indonesia.

Menanggapi soal pendanaan ini, Maxence Tombeur selaku Member of the Executive Committee Sofina, menyatakan “Sofina senang dapat bermitra dengan para pendirinya yang ambisius dan digerakkan oleh misi, serta sepenuhnya selaras dengan strategi jangka panjang Lemonilo untuk menawarkan akses terjangkau ke makanan dan produk sehat di Indonesia dan sekitarnya.”

“Investasi ini memiliki kesesuaian strategis yang kuat dengan nilai-nilai Sofina, yaitu untuk berinvestasi di perusahaan yang memiliki tujuan, dan merupakan bukti nyata kami untuk meningkatkan aktivitas investasi Sofina di Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga: LingoAce Raih Pendanaan Seri C US$105 Juta, Siap Ekspansi ke Indonesia