Find Us On Social Media :

Apa saja Fitur-fitur Terbaru Telegram?

By Adam Rizal, Selasa, 14 Desember 2021 | 09:00 WIB

Ilustrasi Aplikasi Telegram

Aplikasi pesan Telegram meluncurkan update bulanan yang menghadirkan sederet fitur terbaru untuk perangkat Android dan iOS.

Beberapa fitur terbaru Telegram yaitu fitur konten dilindungi untuk grup dan saluran, fitur menghapus pesan berdasarkan tanggal, fitur panggilan masuk dan banyak lainnya.

"Fitur konten dilindungi terbaru akan membantu pembuat konten melindungi konten yang mereka publikasikan di Telegram dan memastikan bahwa konten tersebut hanya tersedia untuk audiens yang mereka tuju," katanya.

"Fitur hapus berdasarkan tanggal akan memungkinkan mereka untuk dengan mudah menemukan dan menghapus obrolan khusus tanggal dari riwayat," ujar Telegram dalam sebuah pernyataan dikutip dari laman Business-Standard. Dengan fitur konten dilindungi, pemilik grup, dan saluran tersebut dapat membatasi konten mereka hanya untuk anggota grup atau channel tersebut. Fitur itu mampu mencegah pesan diteruskan, dan tangkapan layar, dan menonaktifkan kemampuan untuk menyimpan media dari pos.

"Fitur ini bertujuan untuk membantu pembuat dan admin saluran melindungi media dan pos mereka di grup dan saluran," ucapnya. Fitur hapus pesan berdasarkan tanggal memungkinkan pengguna menghapus pesan apa pun dari percakapan kapan saja. Dengan pembaruan ini, penguna menjadi lebih nyaman karena sekarang seseorang dapat menghapus riwayat obrolan dari hari atau rentang tanggal tertentu dalam obrolan satu persatu. Dengan cara baru untuk masuk melalui panggilan, Telegram kini telah mengizinkan beberapa perangkat seluler dengan opsi untuk menerima panggilan masuk dari Telegram dan kemudian memasukkan beberapa digit nomor telepon yang dipanggil, alih-alih mendapatkan kode melalui pesan teks. Dalam pembaruan terakhir, Telegram memperkenalkan delapan tema obrolan global baru, namun sejauh ini hanya tersedia di iOS. Dengan pembaruan terbaru ini, sekarang pengguna Android dapat memilih dari delapan tema obrolan baru untuk UI mereka. Pengaturan obrolan telah didesain ulang sepenuhnya, memberikan tema baru. Dibangun oleh tim Telegram, setiap tema memiliki mode siang dan malam, latar belakang animasi berwarna-warni, dan gelembung pesan gradien.