Find Us On Social Media :

Apple Developer Academy Indonesia Rayakan Kelulusan Angkatan Terbaru

By Indah PM, Rabu, 15 Desember 2021 | 15:00 WIB

Aplikasi Ruang Tumbuh karya peserta didik Apple Developer Academy.

Apple Developer Academy di Indonesia pada hari ini merayakan kelulusan dari hampir 400 peserta didiknya di ketiga kampus di Jakarta, Surabaya, dan Batam.

Program Academy tahun ini menjadi program perdana yang dilaksanakan sepenuhnya secara daring akibat pandemi. Peserta didik mengikuti sesi pelatihan daring dari berbagai wilayah di Indonesia menggunakan peralatan kolaborasi virtual. Melanjutkan pelaksanaan program secara virtual, proses upacara kelulusan juga dilaksanakan secara daring dan dihadiri oleh Susan Prescott, Apple’s Vice President of Worldwide Developer, Education Enterprise and Marketing, serta Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

“Apple melihat pendidikan sebagai salah satu alat paling ampuh untuk memberdayakan SDM, menyejahterakan masyarakat dan menciptakan dampak positif pada dunia. Apple Developer Academy menjadi sebuah refleksi bagi komitmen kami dalam bidang edukasi, kewirausahaan dan ekonomi aplikasi iOS. Dengan keterampilan yang dipelajari selama program pelatihan, para lulusan memiliki kesempatan yang luar biasa ke depannya, dan kami sangat antusias melihat mereka membangun perusahaan baru, menciptakan lapangan kerja dan menunjukan kemampuan mereka pada dunia,” ungkap Susan.

Tiga kelompok siswa dan aplikasi yang mereka buat juga ditampilkan pada acara kelulusan. Setiap aplikasi inovatif yang dibuat menggunakan teknologi Apple dan bertujuan untuk menyelesaikan isu nyata yang menjadi inspirasi bagi para siswa.

Ketiga aplikasi yang ditampilkan di antaranya Oxima, sebuah aplikasi untuk pemain basket profesional untuk meningkatkan ketahanan mereka dengan mengukur dan membantu meningkatkan level Volume Oksigen Maksimal atau VO2 Max. Aplikasi kedua adalah PetaNetra, aplikasi navigasi yang membantu penyandang tuna netra atau gangguan penglihatan berjalan di tempat umum. Aplikasi ketiga adalah Ruang Tumbuh yang membantu petani di daerah perkotaan untuk memulai bertanam dengan mengukur luas lahan, paparan cahaya, dan kondisi iklim dari ruang yang tersedia.

Saat ini Apple Developer Academy memasuki tahun keempat di Indonesia dan bekerja sama dengan institusi pendidikan tinggi lokal terkemuka, termasuk BINUS University di Jakarta, Universitas Ciputra di Surabaya, dan Infinite Learning Batam. Hingga saat ini, Academy telah melatih lebih dari 1.250 pengembang di Indonesia.

Program pelatihan Academy telah memberdayakan lulusan untuk memulai bisnis, meningkatkan keahlian untuk masuk dan berkontribusi pada perusahaan-perusahaan terkemuka, serta membuat aplikasi juga pengalaman yang dapat memberikan manfaat bagi Indonesia dan pengguna diseluruh dunia.