Find Us On Social Media :

OPPO Air Glass, Smart Glass dengan Teknologi Extended Reality

By Dayu Akbar, Rabu, 15 Desember 2021 | 07:00 WIB

OPPO memperkenalkan perangkat inovatif terbarunya yaitu OPPO Air Glass yang merupakan perangkat aR (assisted Reality) dengan teknologi Extended Reality (XR). Hal ini diungkap saat gelaran INNO DAY 2021 yang diselenggarakan OPPO secara virtual pada tanggal 14-15 Desember 2021.Hadir dengan desain yang futuristik, OPPO Air Glass akan mengubah cara dalam mengonsumsi informasi. Dengan teknologi OPPO Air Glass, pengguna dapat mengaktifkan berbagai fitur menarik dengan cepat dan mudah menggunakan gerakan tangan, gerakan kepala, suara, atau menyentuh layar virtual yang muncul di perangkat.

Dengan desain yang unik dan menarik, OPPO Air Glass memiliki berat sekitar 30g dan merupakan salah satu perangkat aR yang paling ringan yang ada di pasaran.OPPO menyematkan lensa ke dalam bingkai yang ringan dan ramping. Di dalam bingkai ini, terdapat Platform Qualcomm Snapdragon Wear 4100 dan semua komponen teknologi utama lainnya. Bingkai OPPO Air Glass sendiri diproduksi dengan teknik CNC sehingga tampil elok dan presisi.Didalamnya, OPPO juga mengembangkan teknologi Spark Micro Projector, Micro LED canggih, dan teknologi waveguide khusus secara mandiri, dan mengintegrasikan ketiganya dalam OPPO Air Glass untuk menghasilkan tampilan aR (assisted Reality) lebih jelas dan tajam sehingga perangkat dapat dioperasikan saat berada di dalam maupun luar ruangan.

Spark Micro Projector merupakan teknologi pencitraan gambar yang paling ringan di pasaran dengan ukuran 0,5cc atau sebesar biji kopi. Proyektor ini memiliki penutup logam CNC dengan modul lensa kaca untuk pelepasan panas dan menjaga stabilitas. Proyektor ini didukung oleh Micro LED mutakhir yang memiliki tingkat kecerahan hingga 3 juta nits. Selain itu, teknologi optical diffraction waveguide khusus memungkinkan dua display mode yaitu 16-level grayscale atau 256-level grayscale.

Perangkat ini juga dapat menghasilkan kecerahan rata-rata hingga 1400 nits untuk menghasilkan tampilan visual yang jelas dan tajam dalam kondisi pencahayaan yang berbeda.OPPO Air Glass dapat dioperasikan menggunakan aplikasi Smart Glass yang terdapat di OPPO Watch 2 dan semua ponsel OPPO dengan sistem operasi ColorOS 11 atau versi yang lebih baru.

OPPO Air Glass juga memiliki banyak aplikasi yang dapat digunakan. Beberapa diantaranya adalah aplikasi yang dikembangkan sendiri oleh OPPO, seperti Weather, Calendar, Health, Teleprompter, Translation, and Navigation.

OPPO Air Glass dirancang untuk dapat digunakan oleh banyak orang, termasuk pengguna dengan kelainan mata seperti miopia dan hipermetropia. Perangkat monokel ini tersedia dalam dua jenis bingkai yang berbeda yaitu half-frame berwarna perak dan full-frame berwarna hitam. Kedua warna tersebut tersedia dalam dua ukuran. OPPO Air Glass akan tersedia di pasar Tiongkok saja mulai Kuartal 1 2022. Perangkat ini terdiri dari dua warna, yaitu hitam dan putih, serta dilengkapi dengan dua aksesori bingkai khusus.