Find Us On Social Media :

Cegah Penyebaran Hoaks, Helo dan MAFINDO Gelar Webinar untuk Mahasiswa

By Indah PM, Kamis, 16 Desember 2021 | 12:00 WIB

Ilutrasi Hoax

Mudahnya mengakses dan menyebarkan berbagai informasi di media sosial, mau tak mau menjadikan literasi digital wajib dimiliki oleh semua orang, termasuk generasi muda. Latar belakang inilah yang mendorong Helo, platform digital terintegrasi untuk hiburan, informasi terkini, dan komunitas ini berkolaborasi dengan MAFINDO (Masyarakat Anti Fitnah Indonesia). Adapun kolaborasi tersebut terwujud dalam rangkaian webinar bertajuk Helo Campus, yang diikuti oleh lebih dari 600 mahasiswa di seluruh Indonesia.  

Literasi digital masyarakat yang belum merata dianggap menjadi salah satu penyebab utama penyebaran hoaks atau berita palsu. “Masih banyak masyarakat yang mengacuhkan tanda-tanda berita palsu, antara lain sumber informasi yang tidak jelas, menyulut emosi atau provokatif, argumen ilmiah yang tidak berdasar, isi yang memelintirkan fakta, dan tercantum ajakan untuk viralkan informasi tersebut. Butuh kerjasama yang komprehensif dari berbagai pihak untuk mengedukasi masyarakat tentang literasi digital ini,” jelas Aribowo Sasmito, salah satu pendiri MAFINDO.

Program Helo Campus yang berlangsung beberapa waktu lalu ini memberikan pemahaman dasar mengenai literasi digital dan cara menghadapi berita palsu atau hoaks di tengah infodemik yang meningkat selama pandemi ini.

Helo, bersama dengan MAFINDO, berbincang dengan ratusan mahasiswa dari Jakarta, Bandung, Medan, dan Surabaya tentang pentingnya memberikan informasi yang akurat dan kredibel serta mencegah terjadinya penyebaran hoaks.

“Beberapa tips sederhana untuk bersikap baik menghadapi hoaks perlu terus diingatkan, terutama ke generasi muda yang bisa membantu meningkatkan literasi digital orangtuanya. Antara lain dengan membaca berita secara menyeluruh, mencari sumber berita, menahan diri untuk menyebarkan berita yang meragukan, serta menelahaan manfaat penyebaran informasi tersebut ke orang lain,” lanjut Aribowo.

Program yang berlangsung secara virtual ini juga dihadiri oleh sejumlah kreator konten ternama, seperti Analisa Widyaningrum, Cania Citta, Wahyu Wiwoho, dan Haifa Inayah. Kehadiran para kreator konten ini diharapkan bisa menginspirasi peserta tentang cara mengunggah dan membagikan konten yang positif dan akurat.

Indira Melik, Country Head of Operations, Helo Indonesia mengungkapkan bahwa sebagai platform digital yang mendorong terjadinya diskusi dan kreasi konten antar pengguna, Helo ingin terus bisa memberikan informasi dan inspirasi yang kredibel, sekaligus mengajak pengguna untuk tetap bijak dalam berkreasi.

“Program Helo Campus kami harapkan bisa menjadi pengingat hal-hal sederhana seputar literasi digital yang bisa menjaga lingkungan digital yang aman dan nyaman bagi semuanya,” pungkas Indira.