Find Us On Social Media :

Apa saja Keunggulan Android 12 Go Edition?

By Adam Rizal, Kamis, 16 Desember 2021 | 13:30 WIB

Android 12 Go Edition

Google memulai proyek Android Go untuk membuat versi Android khusus yang lebih ringan dan menyasar perangkat yang harganya terjangkau pada 2017.

Kali ini Google mengumumkan pembaruan besar untuk versi Android Go yang berbasis Android 12.

Pembaruan itu bernama Android 12 Go Edition dan akan diluncurkan dengan harga terjangkau pada 2022.

Google mengklaim pengoptimalan Android 12 Go Edition akan mengurangi waktu pembukaan aplikasi hingga 30 persen. Pengurangan tersebut akan membuat perbedaan nyata bagi pengguna Android Go sehari-hari.

Google tidak puas dengan sistem manajemen baterai yang ada di ponsel Android Go. Karena itu, Google memberikan penekanan khusus pada teknik hemat baterai untuk memeras lebih banyak masa pakai baterai dari perangkat terjangkau yang menjalankan Android 12 Go Edition.

Beberapa fitur yang ada sejak lama di platform Android mainstream akhirnya juga akan hadir di Android 12 Go Edition.

Misal, dasbor privasi dan kemampuan untuk membuat beberapa profil di ponsel yang sama seperti dikutip Digital Trends.

Fitur lain yang akan masuk ke Android Go adalah cara berbagi aplikasi yang jauh lebih sederhana.

Alih-alih menggunakan data untuk mengunduh aplikasi dari Playstore, metode ini akan memungkinkan pengguna untuk berbagi aplikasi dengan perangkat terdekat dengan menggunakan fitur Berbagi Terdekat Google.

Pekerjaan juga sedang berlangsung pada fungsi penjelasan yang agak mirip dengan implementasi di JioPhone Next.

Google beraharap adanya pembaruan Android 12 Go Edition dapat mewujudkan smartphone yang terjangkau di tahun depan.

Spesifikasi Nokia Android Go

Nokia 1.4

HMD Global resmi meluncurkan smartphone Nokia 1.4 yang mengincar pasar entry-level terbarunya sekaligus menjadi penerus Nokia 1.3 yang sebelumnya telah dirilis pada Maret 2020 lalu.

Nokia 1.4 mengusung layar seluas 6,51 inci dengan resolusi HD Plus dan aspek rasio 20:9, jauh lebih besar dibanding bentang layar Nokia 1.3 yang hanya seluas 5,7 inci. Tak hanya itu, ada sebuah notch berbentuk tetesan air yang memuat kamera selfie 5 megapixel.

Nokia 1.4 menawarkan dua buah kamera yang disusun dalam modul berbentuk lingkaran. Kedua kamera tersebut terdiri dari kamera utama 8 megapixel dan kamera macro 2 megapixel.

Nokia 1.4 mengusung modul fingerprint sensor di sisi punggung, mengingat Nokia 1.3 masih mengandalkan Face Unlock.

Nokia 1.4 mengusung chip Snapdragon 215 berikut RAM 1/2/3 GB dan media internal 16/32/64 GB serta menggunakan kartu memori microSD hingga 128 GB.

Nokia 1.4 menjalankan sistem operasi Android 10 Go serta update software Android 11 Go dan akan menerima update selama dua tahun dari Nokia.

Fitur penunjang lain pada Nokia 1.4 mencakup baterai 4.000 mAh, Wifi, Bluetooth 4.2, dan jack audio 3,5 mm seperti dikutip 9to5Google.

Nokia 1.4 tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Fjord, Charcoal, dan Dusk. Ponsel ini dijual dengan harga mulai dari 99 Euro (sekitar Rp 1,6 juta).