Find Us On Social Media :

Chatbot Kian Dilirik, Qiscus Tawarkan Solusi Chatbot Tanpa Coding

By Liana Threestayanti, Minggu, 19 Desember 2021 | 19:30 WIB

Qiscus Robolabs, add-on chatbot builder tanpa coding dari Qiscus.

Penyedia platform Multichannel Chat untuk bisnis, Qiscus meluncurkan Qiscus Robolabs, add-on chatbot builder yang akan memudahkan bisnis membuat chatbot sendiri tanpa harus coding.

Menurut data PWC, COVID-19 telah mempercepat perkembangan Conversational AI. Masih berdasarkan survei PWC, 52 persen perusahaan mempercepat rencana adopsi AI akibat Covid-19. Transformasi digital dan pandemi juga mendorong banyak perusahaan beralih menggunakan chatbot.

Sementara survei CIO Gartner 2019 mengidentifikasi chatbot sebagai aplikasi berbasis AI utama yang digunakan di perusahaan. Terjadi peningkatan minat klien seputar penerapan chabot sebanyak 160% dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Menurut keterangan Qiscus, chatbot banyak dilirik perusahaan karena mempermudah dan mempercepat proses bisnis yang kini dilakukan secara online. Selain dapat meningkatkan customer engagement process, Qiscus menyebut chatbot juga dapat menghemat biaya operasional perusahaan. Manfaat lain dari chatbot adalah efisiensi waktu dan tenaga kerja yang dibutuhkan perusahaan. Menurut Qiscus, hal ini menyebabkan jumlah potential leads yang dihasilkan akan lebih besar ketimbang hanya bergantung pada manpower.

Dilihat dari besarnya pengaruh chatbot terhadap proses bisnis, Qiscus meluncurkan layanan chatbot barunya, yaitu Qiscus Robolabs. Berbeda dengan chatbot pada umumnya, Qiscus Robolabs memiliki fitur Bot Template yang dapat memudahkan pelaku bisnis. Fitur ini dapat mengelola chatbot dengan logika dan analitik yang di-upload pada file Excel dan tersedia di dalam dashboard Multichannel tanpa harus melakukan coding dan pemrograman lainnya. Artinya, tanpa harus melakukan coding dan pemrograman lainnya, Qiscus mengklaim bisnis dapat membuat chatbot semudah membuat spreadsheet di Excel.

CTO Qiscus, Evan Purnama menjelaskan, “Hadirnya chatbot tidak hanya bermanfaat untuk konsumen, tetapi juga bermanfaat untuk perusahaan. Teknologi AI akan terus berkembang. Di era dimana kecepatan layanan lebih penting dibandingkan sebelumnya, chatbot akan membantu perusahaan untuk selangkah lebih maju. Maka dari itu, Qiscus sebagai perusahaan teknologi, meluncurkan layanan barunya yang dinamakan Qiscus Robolabs. Layanan ini dihadirkan guna memberi kemudahan untuk pelaku bisnis dalam membuat chatbot nya sendiri yang secara otomatis akan terintegrasi dengan akun Qiscus Multichannel Chat-nya. Dengan fitur yang terdapat pada Qiscus Robolabs, bisnis dapat meningkatkan performa bisnisnya.”

Perusahaan  yang menggunakan Qiscus Robolabs dapat melatih bot untuk menjawab konteks percakapan yang tidak sesuai. Melalui fitur Training Bot di Qiscus Robolabs, user dapat melatih bot dengan mengubah konteks percakapan yang tidak sesuai ke dalam konteks yang benar tanpa adanya coding yang rumit. Penggunaan fitur Training Bot ini sangat mudah karena sistem secara otomatis akan melatih bot dengan konteks terbaru. Dengan begitu, bisnis bisa memberikan respon otomatis yang tepat melalui identifikasi pesan secara otomatis oleh chatbot.

Qiscus Robolabs juga memiliki seperangkat fitur lainnya, seperti Handover Agent, Integrate with External Webhook, dan Analytics dalam Qiscus Robolabs yang tentunya dapat menunjang kebutuhan bisnis, terutama dalam meningkatkan efektivitas dan efisiensi Customer Service (CS).