Find Us On Social Media :

Begini Cara Hemat Baterai HP Sebelum Dipakai untuk WiFi Tethering

By Adam Rizal, Senin, 20 Desember 2021 | 13:00 WIB

Tethering WiFi, Mobile HotSpot

Saat ini ada beberapa pengguna yang mengakses Internet dengan menggunakan mobile hotspot atau WiFi Tethering smartphone karena lebih praktis dan mudah digunakan. Apalagi, jika Anda berada di area yang tidak ada jaringan LAN atau WiFi.

Risikonya, penggunaan mobile hotspot atau tethering dapat membuat baterai HP Anda boros atau cepat habis, terlebih lagi jika penggunaan terlalu lama dan sering.

Berikut beberapa tips menghemat baterai HP saat tetthering:

Mematikan Fitur WiFi

Jika Anda sudah terhubung dengan mobile hotspot, Anda tak perlu lagi menyalakan fitur WiFi karena akan menghabiskan banyak daya. Fitur WiFi yang menyala akan membuat HP terus mencari jaringan WiFi yang tersedia. WiFi juga tidak berfungsi secara bersamaan dengan fitur hotspot.

Matikan GPS

Sama seperti jaringan WiFi, fitur GPS akan terus menyala di HP. Sebaiknya, saat Anda tethering atau terhubung dengan hotspot, cek apakah fitur GPS menyala atau tidak.

Jika GPS masih menyala, sebaiknya segera matikan fitur tersebut agar penggunaan baterai tidak semakin boros. Untuk mematikan fitur ini cukup mudah sekali. Pada pengguna iPhone masuk ke Setting > Privacy > Location > lalu geser toggle menjadi off. Pada pengguna Android, masuk ke Setting > Location > lalu geser toggle menjadi off.

Kurangi kecerahan layar

Sebaiknya, Anda menyesuaikan kecerahan atau brightness layar HP untuk lebih hemat baterai pada hotspot Anda. Semakin kecil kecerahan, atau semakin redup, maka semakin sedikit daya yang digunakan.

Untuk menyesuaikannya kecerahan ini, pengguna iPhone bisa masuk ke Settings > Display & Brightness. Sementara bagi pengguna perangkat Android, atur setting kecerahan pada Settings > Display > Brightness level.