Berdasarkan riset Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2019, jumlah kendaraan di Indonesia mencapai 133 juta unit, meningkat 5% dari tahun sebelumnya.
Dengan adanya peningkatan ini, literasi masyarakat terkait dunia otomotif pun dianggap penting untuk ditingkatkan.
Melihat hal tersebut, platform social commerce di bidang otomotif, Otozilla, berinisiatif meluncurkan DASH. Solusi ini membantu pengemudi Indonesia lebih paham dan juga terbantu dalam pemeliharaan mobil dan keselamatan dalam berkendara.
Kenny Joseph, CEO & Co-founder Otozilla, mengungkapkan bahwa “Dengan adanya DASH, kami berharap masyarakat Indonesia semakin terbuka dan menyadari pentingnya menjaga kondisi kendaraan. Kami telah bekerja sama dengan berbagai pihak dan komunitas untuk memperkuat DASH sehingga para pengguna mendapatkan pengalaman yang mulus selama menggunakan DASH.”
Sementara itu, Rezkhy S. Dewanto SIK.MIK, Kasi Standar BPKB Ranmor Korlantas POLRI, menyatakan “Dengan meningkatnya kendaraan di Indonesia, mobil dan motor, masyarakat indonesia harus mulai meningkatkan kesadaran tentang kesehatan kendaran demi keselamatan semua pengguna jalan di Indonesia. Kami percaya bahwa inisiatif Otozilla dalam meluncurkan DASH dapat menjadi pijakan awal yang baik untuk menciptakan ekosistem berkendara yang baik.”
Penelitian oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Triwulan 2-2021, menemukan perbandingan YoY (year-on-year) Q2-2020 dan Q2-2021 mengalami kenaikan dalam volume penjualan mobil dan motor.
Volume penjualan sepeda motor meningkat 268,64% dan volume penjualan mobil meningkat sebanyak 758,68%, dan dengan volume yang selalu meningkat ini, pemeliharaan mobil sangatlah krusial, terutama di kota Jakarta dengan adanya Peraturan Gubernur Jakarta Nomor 66 tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.
Sanny Liawati, Komisaris & Co-founder Otozilla, mengatakan “Peluncuran ini merupakan tahapan pertama kami untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menjaga kendaraan.”
“Ke depannya kami juga akan terus berinovasi untuk menjadi wadah para penggiat otomotif sehingga bisnis dan aspirasi mereka tersalurkan dengan baik. Saya berharap Otozilla bisa menjadi rumah digital yang lengkap dan bermanfaat untuk para penggiat otomotif,” tambah Santi.
Peluncuran sistem DASH dihadiri oleh perwakilan dari 20 komunitas otomotif di Indonesia yang memiliki lebih dari 28,000 anggota.
Peluncuran sistem ini diharapkan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menjaga kendaraan dan juga keselamatan dalam berkendara.
Sebagai social commerce otomotif, Otozilla berinisiatif untuk terus mendukung berbagai komunitas dan UMKM di bidang otomotif.
Dengan program sebelumnya seperti Otozilla Community Exclusive Program yang fokus memberdayakan komunitas mobil Indonesia dalam menyediakan fasilitas digital demi meningkatkan kegiatan UMKM otomotif dan juga program Otozilla Principal Program yang mengajak penggiat UMKM otomotif seperti toko sparepart, tempat cuci mobil dan penjual mobil bekas untuk memperluas pemasaran produk mereka.
“Kami menyadari pentingnya literasi otomotif ini, maka dari itu kami akan terus mencari inisiatif baru untuk memastikan masa depan industri otomotif yang lebih baik,” pungkas Kenny.
Baca Juga: Menghadirkan Solusi Otomotif untuk Indonesia yang Makin Digital