Find Us On Social Media :

OmahBayi dan Kisah Perjuangan Ibu yang Berkarya Lewat Lazada

By Indah PM, Rabu, 22 Desember 2021 | 09:00 WIB

Drica Wibowo Berdiskusi Bersama Tim OmahBayi.

Tak dimungkiri, era digital saat ini makin membuka peluang dan menegaskan peran perempuan untuk bisa berkarya dari manapun. Tidak terkecuali bagi ibu rumah tangga yang kini bisa tetap produktif sembari menjadi pilar di keluarga.

Menyambut Hari Ibu yang diperingati pada 22 Desember, Lazada Indonesia (Lazada) mengapresiasi perjuangan dan kegigihan ibu di Indonesia. Salah satunya adalah Drica Wibowo, pemilik OmahBayi, toko perlengkapan bayi dan anak.

Awalnya, Drica dan suami merupakan kru sebuah kapal pesiar internasional, sampai akhirnya Drica memutuskan untuk berhenti bekerja saat ia hamil dan cuti untuk melahirkan. Naluri sebagai Ibu serta keinginan untuk mendampingi buah hatinya, membuat Drica memutuskan untuk menyewa kios di sebuah pasar tradisional di Wates, Yogyakarta dan mulai berjualan aneka perlengkapan bayi dan anak dengan nama toko, OmahBayi. 

“Wah waktu itu banyak sekali cercaan ditujukan ke saya karena ke sana ke mari sambil membawa bayi. Orang bilang, saya ibu yang tega, nyusahin anak aja. Padahal semua yang saya perjuangkan ya untuk anak dan keluarga saya,” kenang Drica. 

Perjalanan Drica mengembangkan OmahBayi menjadi perjalanan yang penuh tantangan bagi seorang ibu muda, ditambah lagi dengan musibah terbakarnya bangunan toko miliknya. Dengan semangat tinggi untuk bangkit serta sang suami yang menjadi penyemangat dari jauh, Drica terus berjuang hingga kini tokonya tidak hanya pulih, namun juga berkembang pesat.

Saat Lazada hadir di Yogyakarta tahun 2017 silam untuk memberikan pelatihan kepada para pengusaha UMKM lokal, Drica mendapatkan pencerahan bahwa melalui transformasi digital di platform e-Commerce bisa mendukung upaya membesarkan usahanya. Saat itu, Drica bertemu dengan komunitas penjual Lazada, Lazada Club, dan menemukan mentor yang merupakan penjual senior di Lazada.

Semangat Drica tidak pernah putus dalam mempelajari fitur di Lazada. Ia juga mengikuti berbagai promosi dan kampanye dari Lazada, termasuk memanfaatkan fasilitas livestreaming melalui kanal LazLive di aplikasi Lazada. Ia juga selalu berkonsultasi dengan mentor serta tim Lazada. Hasilnya, penjualan di Lazada mulai meningkat.

OmahBayi yang awalnya hanya mendapatkan beberapa pesanan setiap minggunya, kini bisa mendapatkan ratusan pesanan setiap harinya. Di musim kampanye mega, penjualannya bahkan bisa meningkat hingga 5x lipat.

Drica dan belasan orang timnya, bekerja keras memproses ribuan barang pesanan pelanggan setiap harinya di masa kampanye mega tersebut, demi memberikan kebahagiaan bagi pelanggannya.  Di hari belanja online nasional (harbolnas) 12.12 tahun 2021 ini, OmahBayi juga mencatatkan penjualan signifikan, yang meningkat lebih dari 170 persen dibandingkan dengan harbolnas tahun sebelumnya. 

“Saya bersyukur sekali bisa berbisnis dan tetap dekat dengan suami dan anak-anak. Bagi saya, OmahBayi menjadi pembuktian bagaimana seorang ibu bisa sukses di rumah dan di usahanya, dan saya berharap makin banyak perempuan, khususnya para ibu, untuk tidak takut untuk mencoba dan berusaha, untuk bisa sukses, untuk bisa bahagia, bagi diri sendiri dan keluarganya,” ujar Drica lagi. 

SVP, Sellers Operations, Lazada Indonesia, Haikal Bekti Anggoro mengatakan bahwa perkembangan dunia digital memang membuka kesempatan bagi banyak perempuan untuk memiliki pilihan karir baru. Di Lazada sendiri, terlihat tren makin banyaknya bisnis yang digawangi oleh perempuan-perempuan hebat di platform Lazada.