Find Us On Social Media :

Alasan Pilih Memori SSD daripada Hard Disk, Lebih Cepat hingga Awet

By Adam Rizal, Rabu, 22 Desember 2021 | 11:30 WIB

Ilustrasi SSD FireCuda 520 Cyberpunk 2077 Edisi Terbatas

Saat ini umumnya pabrikan laptop meluncurkan laptop terbarunya dengan media penyimpanannya berbasis solid state drive (SSD) ketimbang hard disk drive (HDD). SSD menawarkan kecepatan, bobot ringan dan dimensi yang tipis daripada HDD.

Dilansir dari laman kingston.com, setidaknya terdapat

Berikut beberapa alasan memilih media penyimpanan SSD dibanding HDD seperti dilansir kingston.com:

1. Cepat

SSD menawarkan waktu boot perangkat lebih singkat, transfer data yang lebih cepat, dan bandwidth yang lebih tinggi. Karena itu, SSD dapat lebih diandalkan daripada HDD dalam dunia bisnis yang sering mengakses data dalam jumlah besar. Sebagai perbandingan, HDD biasanya hanya mampu mencapai performa tulis 50-120 MB/detik. Sedangkan SSD, bahkan yang paling lambat yaitu jenis SATA, mampu mencapai performa hingga 550 MB/detik.

2. Hemat Daya

SSD tidak memiliki komponen yang bergerak seperti HDD sehingga SSD lebih hemat daya ketika berjalan dibanding HDD yang berputar secara magnetis. Tingkat konsumsi daya yang rendah ini membuat media penyimpanan SSD berperan penting dalam keawetan baterai laptop yang saat ini menjadi poin penting dalam memilih sebuah laptop.

3. Ringan dan Bebas Suara

SSD tidak memiliki kepala magnetis dan piringan logam sehingga lebih ringan dan ukurannya lebih kecil dibanding HDD. Ukurannya yang praktis ini membuat SSD banyak digunakan pada laptop-laptop premium yang tipis dan ringan. Selain itu, tidak adanya komponen yang bergerak membuat SSD lebih senyap dibandingkan HDD yang berisik.

4. Tahan Lama dan Andal

SSD lebih awet dibanding HDD karena panas yang menjadi penyebab utama kerusakan pada media penyimpanan, dan gerakan yang berulang pada HDD menyebabkan potensi kerusakan itu menjadi tinggi.

Selain itu, SSD juga lebih tahan terhadap tetesan, guncangan, dan getaran sehingga cocok untuk digunakan karena data yang tersimpan di dalamnya tidak mudah hilang.

Secara umum, SSD jauh lebih baik dibandingkan HDD, bahkan hampir dalam setiap aspek. Satu-satunya kekurangan yang dimiliki SSD adalah harganya yang lebih mahal dibandingkan HDD.