Find Us On Social Media :

Xiaomi Bakal Luncurkan HP Lipat Mix Fold 2 dengan Teknologi Samsung

By Adam Rizal, Kamis, 23 Desember 2021 | 11:30 WIB

Xiaomi Mi Mix Fold

Xiaomi akan meluncurkan smartphone layar lipat terbarunya Mix Fold 2 pada pertengahan tahun depan sekaligus melengkapi varian Mi Mix Fold yang sudah terlebih dahulu beredar.

Tentunya, banyak penggemar Xiaomi di seluruh dunia mengharapkan Mix Fold 2 dijual bebas di seluruh dunia, bukan seperti varian sebelumnya yang hanya tersedia di pasar Cina.

Xiaomi Mix Fold 2 akan mengusung layar lipat internal Samsung dengan Ultra Thin Glass (UTG) di atasnya seperti Galaxy Z Fold3 dan Oppo Find N.

Teknologi UTG sendiri memastikan fleksibilitas dan daya tahan dengan menyuntikkan material khusus ke dalam layar. Sebagai gambaran, lembaran kaca yang hanya setebal 30 mikron selama pemrosesan, jauh lebih tipis dari kaca layar smartphone tradisional.

Ketipisan layar itulah menghadirkan fleksibilitas. Berbeda dengan lapisan layar Gorilla Glass yang tidak dapat dilipat. Bocorannya Xiaomi Mix Fold 2 mengusung layar 8.1 inci dengan refresh rate kecepatan tinggi.

Selain itu, Xiaomi akan meningkatkan kualitas engsel Mix Fold 2 sehingga lebih kuat dibandingkan dengan pendahulunya.

Tren Pasar

HP layar lipat mulai mendapatkan tempat di hati pelanggan. Total pengiriman HP layar lipat meningkat sebesar 215 persen dari bulan ke bulan dan 480 persen tahun ke tahun.

Sejauh ini pasar HP lipat tercatat masih didominasi oleh Samsung. Samsung menyumbang 93 persen pangsa pasar HP layar lipat dan Huawei menyumbang 6 persen.

DSCC juga memproyeksikan pengapalan ponsel layar lipat akan meningkat dari 2,6 juta unit menjadi 4 juta unit pada kuartal keempat tahun ini.

Perusahaan riset itu juga memproyeksikan pengiriman HP layar lipat akan meningkat menjadi 20 juta unit pada tahun depan, meskipun pasar diperkirakan mencatat kurang dari 10 juta unit dalam pengiriman tahun ini.

Dari segi model, ponsel lipat terpopuler adalah Galaxy Z Flip 3 disusul Galaxy Z Fold 3, Galaxy Z Flip 5G, serta dari Huawei ada Mate X2 versi 4G, dan versi 5G menduduki peringkat keempat atau kelima.