Find Us On Social Media :

Inilah 10 Teknologi Paling Banyak Dibicarakan di Jagat Maya 2021

By Liana Threestayanti, Rabu, 22 Desember 2021 | 19:30 WIB

Ilustrasi Artificial Intelligence

Walkme.com merilis sepuluh teknologi yang sedang hits dan banyak dibicarakan di jagat maya sepanjang tahun 2021. Teknologi apa saja yang masuk dalam daftar ini?

Menaruh perhatian besar terhadap dunia teknologi, perusahaan multinasional di bidang software as a service, Walkme.com memanfaatkan data dari analytics tool Buzzsumo untuk mencari tahu teknologi yang terbanyak dibicarakan di dunia maya. 

Berdasarkan data dari bulan Januari hingga November 2021, tiga teknologi teratas yang paling banyak diperbincangkan di media online adalah Artificial Intelligence (AI), machine learning, dan virtual reality (VR). 

Walkme.com mendapati ada 175.837 artikel online tentang AI selama periode penelitian. Atau dengan kata lain, ada 526 artikel per hari di jagat maya yang membahas AI. 

Sementara itu, machine learning berada di peringkat kedua dengan sekitar 103.508 artikel online membicarakan tentang teknologi turunan dari AI ini di antara bulan Januari hingga November 2021.

Menyusul di tempat ketiga dan keempat adalah virtual reality (VR) dengan 64.509 artikel dan augmented reality (AR) dengan 34.632 artikel. 

Sedangkan cloud computing yang sedang marak diimplementasikan oleh berbagai perusahaan di Indonesia akibat pandemi menempati posisi keenam dengan 28.874 artikel online yang membahasnya. 

Inilah daftar lengkap sepuluh teknologi yang paling banyak dibicarakan di tahun 2021:

Peringkat  Teknologi Jumlah artikel online (Jan - Nov 2021)

  1. Artificial Intelligence (AI)  175.837
  2. Machine Learning             103.508
  3. Virtual Reality (VR)            64.509
  4. Augmented Reality (VR)     34.632
  5. Quantum Computing          32.548
  6. Cloud Computing               28.874
  7. Robotic Process Automation (RPA) 27.435
  8. 5G                                    21.928
  9. Digital Twins                       9.486
  10. Edge computing                  7.433

“Dengan meluasnya AI, tidak heran jika AI menjadi salah satu teknologi yang paling banyak diperbincangkan saat ini. Coba kita ambil topik lain yang juga dibahas secara luas, misalnya The Great Resignation, dan tentu saja, ada kasus penggunaan AI yang terkait dengannya,” ujar Rafael Sweary, President and Co-Founder, Walkme.com mengomentari hasil riset tersebut.

Menurut Rafael, kemampuan AI dalam menyajikan cara-cara meningkatkan user experience adalah sebuah kemenangan bagi bisnis. “Yaitu bisnis yang dapat mengumpulkan data berharga mengenai penggunaan teknologi dan memahami letak masalah yang dihadapi end user,” imbuhnya.  

Rafael menjelaskan bahwa AI juga sebuah kemenangan bagi para karyawan karena dapat dengan cepat mengulik technology stack perusahaan tanpa harus mengikuti orientasi atau pelatihan, terutama saat harus bekerja jarak jauh. “Semuanya dilakukan secara otomatis, didukung oleh AI dan machine learning untuk mengekstraksi data,” pungkas Rafael. 

Dalam riset ini, Walkme.com menyusun daftar teknologi yang akan mentransformasi cara hidup dan bekerja dalam beberapa tahun ke depan berdasarkan sumber terpercaya, ‘ITProPortal’ dan ‘Forbes’. Dari dua sumber ini, dan setelah melewati proses peninjauan ulang, Walkme.com menyusun sebuah daftar berisi enam belas teknologi yang kemudian dianalisis berdasarkan database Buzzsumo. Langkah ini dilakukan untuk mengidentifikasi jumlah artikel di media online di seluruh dunia yang membahas tiap teknologi tadi.

Setelah itu, Walkme.com melakukan pemeringkatan berdasarkan jumlah artikel terbanyak yang membahas tiap teknologi sehingga dihasilkan daftar final seperti tertera pada tabel di atas.