Find Us On Social Media :

Startup Pembayaran Digital CHAI Berhasil Raih Pendanaan dari SoftBank

By Rafki Fachrizal, Rabu, 22 Desember 2021 | 22:15 WIB

Ilustrasi SoftBank

SoftBank Ventures Asia (SBVA) mengumumkan secara resmi menjadi investor utama (lead investor) dalam putaran pendanaan Seri B+ CHAI, startup penyedia platform solusi pembayaran.

Dalam pendanaan tersebut, SBVA dan Nyca Partners bersama-sama memimpin putaran sebesar US$ 45 juta, dengan partisipasi tambahan oleh investor lain seperti Conductive Ventures, Samsung NEXT, B Capital, Nordstar Capital, dan KT Investment.

CHAI akan menggunakan pendanaan ini untuk memperluas jejaknya di Asia Tenggara dan mengembangkan infrastruktur pembayaran otomatis end to end bagi toko digital di seluruh pasar Asia.

Berdiri pada tahun 2019, CHAI bertujuan untuk menjembatani kesenjangan pembayaran di pasar Asia dengan menyediakan solusi pembayaran terintegrasi bagi pedagang online melalui satu platform atau single application programming interface (API).

Melalui CHAI Port, pedagang online dapat mengaktifkan dan menawarkan lebih dari 30 opsi pembayaran seperti kartu kredit, dompet digital, transfer antar bank, dan pembayaran lintas negara kepada pelanggan mereka dalam waktu kurang dari satu jam.

Pedagang online juga dapat mengoptimalkan pengalaman checkout untuk meningkatkan tingkat konversi dan mendapatkan analisis real-time dari seluruh jenis metode pembayaran.

“Kami sangat bersemangat untuk melanjutkan kemitraan kami dengan CHAI yang sudah tumbuh di Korea dan berkembang ke seluruh Asia Tenggara, pasar yang siap untuk inovasi digital di sistem pembayaran. Kami percaya bahwa solusi CHAI Port benar-benar memecahkan masalah penting bagi pedagang online dan merupakan solusi yang dibutuhkan dalam ekosistem pedagang digital.” kata JP Lee, CEO SoftBank Ventures Asia.

Saat ini CHAI memproses lebih dari US$ 6 miliar dari 2.200 pedagang online, mulai dari level startup hingga merek global yang ingin ekspansi ke pasar baru.

Baru-baru ini, CHAI meluncurkan CHAI Port di pasar Vietnam dan Thailand, keduanya merupakan pasar pembayaran yang sangat terfragmentasi.

“Pasar negara berkembang di Asia Tenggara mewakili peluang pertumbuhan tercepat dalam pembayaran digital. Kami bersemangat untuk memantapkan diri sebagai solusi pembayaran digital utama di Asia,” kata Daniel Shin, Chief Executive Officer CHAI.

Partisipasi SBVA dalam putaran pendanaan ini menandai investasi Seri B kedua mereka ke CHAI. Pada tahun 2021, SBVA telah mengumumkan investasi ke VoyagerX, pengembang kecerdasan buatan (AI) yang berbasis di Korea Selatan; Youibot, robot seluler dan penyedia solusi di Tiongkok; dan Super, platform social commerce yang berbasis di Indonesia.

Baca Juga: SoftBank Ventures Asia Pimpin Pendanaan Rp443 Miliar ke OY! Indonesia