Find Us On Social Media :

vivo Hadirkan Berbagai Smartphone di Tanah Air Sepanjang Tahun 2021

By Cakrawala, Sabtu, 25 Desember 2021 | 21:00 WIB

Jessica Dwita (PR Manager vivo Indonesia) ketika memaparkan aneka smartphone yang dihadirkan vivo di Indonesia sepanjang tahun 2021 belum lama ini di Jakarta.

Sepanjang tahun 2021 yang segera berakhir ini, vivo telah menghadirkan berbagai smartphone baru di Indonesia. Hal itu pun ditegaskan vivo di Jakarta belum lama ini di hadapan para jurnalis tanah air. vivo mengeklaim kehadiran aneka smartphone baru itu sebagai komitmennya untuk memberikan inovasi yang sesuai dengan berbagai kebutuhan konsumen di Indonesia.

Aneka smartphone yang dihadirkan vivo tersebut memang terbagi ke dalam tiga kelas atau seri. Masing-masing kelas memiliki peruntukkan yang berbeda sehingga menyasar segmen yang berbeda pula. Kehadiran smartphone baru pada masing-masing kelas membuat vivo bisa memberikan inovasi untuk menjawab kebutuhan masyarakat di tanah air secara lebih luas.

“Nah, pastinya sih sebelum meluncurkan suatu product, vivo itu selalu melakukan riset konsumen yang pasti. Jadi kita tahu apa yang dibutuhkan masyarakat Indonesia sih saat ini, kayak gitu. Dan juga produk-produk yang kita hadirkan itu, sebisa mungkin itu selalu relevan dan juga inovatif untuk masyarakat Indonesia,” ujar Jessica Dwita (PR Manager vivo Indonesia).

Setidaknya ada sepuluh smartphone yang diluncurkan oleh vivo di Indonesia sepanjang tahun ini. Kesepuluh smartphone tersebut dibagi ke dalam tiga kelas; yakni X, V, Y. vivo menjelaskan bahwa smartphone seri X merupakan smartphone flagship yang dilengkapi dengan kamera profesional; smartphone seri V adalah smartphone yang mengunggulkan kamera depan; dan smartphone seri Y adalah smartphone yang menawarkan harga kompetitif, tetapi tetap kaya akan fitur agar bisa tetap produktif dan menikmati momen-momen kebersamaan dalam keseharian.

Pada seri X, vivo antara lain meluncurkan X60 Pro. X60 Pro merupakan salah satu smartphone vivo yang pertama kalinya membawa teknologi vivo ZEISS Camera System melalui kolaborasi dengan ZEISS. Hal tersebut sejalan dengan fitur kamera profesional yang dikedepankan seri ini. Selain itu, hadir pula Gimbal Stabilization 2.0 yang bisa dibilang memasukkan gimbal secara langsung ke kamera belakang utama. Menggunakan SoC Qualcomm Snapdragon 870 5G dan memori yang besar, vivo X60 Pro juga memiliki kinerja komputasi yang tinggi, tidak hanya bisa menghasilkan foto yang bagus dan bebas guncangan. Review dari vivo X60 Pro bisa dilihat di sini.

Pada seri V, vivo misalnya meluncurkan V21 5G. Embel-embel 5G menunjukkan bahwa vivo V21 5G mendukung 5G, berbeda dengan vivo V21 yang belum. vivo V21 sendiri juga diluncurkan pada tahun 2021. Seperti vivo telah sebutkan, seri V mengunggulkan kamera depan. vivo V21 5G hadir dengan sistem kamera depan yang disebut 44MP OIS Super Night Selfie. Adapun 44MP OIS Super Night Selfie merujuk antara lain pada resolusi 44 MP dan OIS (optical image stabilization) yang dimiliki oleh kamera depan. Alhasil, vivo V21 5G bisa mengambil swafoto resolusi tinggi dan bebas guncangan. Hands-on dari vivo V21 5G bisa dibaca di sini.

Sementara, untuk seri Y, vivo antara lain meluncurkan Y53s. vivo mengeklaim Y53s memiliki fitur-fitur yang lengkap untuk memenuhi segala kebutuhan harian.  Beberapa fitur yang dikedepankan vivo pada Y53s adalah memori utama 8 GB plus 3GB Extended RAM, kamera belakang 64 MP plus fitur Night, baterai 5.000 mAh plus 33W FlashCharge, dan NFC Multifunctions.

Lebih lengkapnya akan kesepuluh smartphone yang dilucurkan vivo di Indonesia pada tahun 2021, bisa dilihat pada Gambar 1. Begitu pula untuk perangkat IoT (internet of things) -nya.

Gambar 1. Aneka smartphone dan perangkat IoT yang diluncurkan vivo di Indonesia pada tahun 2021.