Find Us On Social Media :

Xiaomi 12 Pro Pakai Sensor Kamera Canggih Sony IMX707, Ini Fiturnya

By Adam Rizal, Senin, 27 Desember 2021 | 11:30 WIB

Xiaomi 12 Ultra

Xiaomi mengungkapkan Xiaomi 12 Pro akan menjadi HP pertama yang menggunakan sensor Sony IMX707 terbaru sebagai kamera utamanya. Spesifikasi sensor kamera Sony itu termasuk resolusi 50 megapiksel, ukuran sensor 1/1,28 inci, ukuran piksel 1,22μm, dan piksel besar fusi 2,44um.

Digital Chat Station mengungkapkan CIS (sensor gambar kontak) adalah facelift kecil dari sensor IMX700 yang meluncur tahun lalu dan keduanya memiliki spesifikasi yang hampir identik.

Todo Plus juga mengungkapkan tidak ada perbedaan kinerja yang mencolok antara Sony IMX707 dan versi yang lebih lama. Jika benar, ini bisa berarti bahwa Sony baru saja meluncurkan kembali IMX700 tahun lalu dengan nama baru, meskipun kemungkinan ada sedikit penyesuaian.

Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro juga telah meninggalkan sensor Samsung yang digunakan pada seri Xiaomi Mi 11, dan sekarang menggunakan sensor Sony "dengan penekanan lebih besar pada pengalaman."

Sensor IMX707 Xiaomi 12 Pro diduetkan dengan sensor Sony IMX766 yang satu ini sedikit lebih kecil dengan ukuran sensor 1/1,56 inci namun masih lebih besar dari sensor iPhone 13 berukuran 1/1,88 inci, seperti yang diiklankan oleh Xiaomi.

Kinerja IMX707 dan IMX766 akan didorong oleh "Otak Gambar" baru Xiaomi yang menjanjikan pemrosesan gambar yang lebih cepat dan bidikan objek yang bergerak cepat dengan lebih baik.

Fotografi cahaya rendah tampaknya menjadi sorotan utama sensor kamera Sony IMX707 dan gambar resmi yang memamerkan kemampuan fotografi malam Xiaomi 12 Pro telah dibagikan.

Dalam kabarnya yang dibagikan di Weibo (situs microblogging China), Xiaomi melaporkan bakal mengusung kamera selfie dengan sensor 32MP pada 12 Pro. Berikut berbagai fitur canggih penunjang selfie.

Yang menarik fitur tersebut akan sangat penting bagi yang gemar berselfie ria, pasalnya filter ‘kecantikan’ yang dihadirkan mampu menghadirkan peremajaan kulit tingkat piksel lanjutan berdasarkan jaringan permusuhan generatif (GAN), yang dapat merekonstruksi detail kulit pada tingkat piksel untuk memberikan kulit tampilan yang segar dan lebih muda.

Bagi mereka yang tidak sadar, GAN adalah arsitektur algoritmik yang menggunakan dua jaringan saraf, untuk menghasilkan contoh data sintetis baru yang dapat meneruskan data nyata. Kemampuan itu telah digunakan secara luas dalam generasi gambar, generasi video, dan generasi suara.

Sebelumnya Xiaomi telah mengumumkan bahwa Xiaomi 12 dan Xiaomi 12 Pro akan mengusung Snapdragon 8 Gen 1 pada 28 Desember. HP itu akan menampilkan layar 1080p 6,28 inci dan akan menjadi flagship kompak pertama dari perusahaan dalam waktu yang cukup lama. Kedua model tersebut juga dikabarkan akan bergabung dengan kulit perangkat lunak Xiaomi 12X dan MIUI 13.