Find Us On Social Media :

Pemerintah Siapkan Jaringan Internet 5G untuk MotoGP Mandalika 2022

By Adam Rizal, Rabu, 29 Desember 2021 | 13:00 WIB

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan sambutan dalam acara penutupan Gerakan Menuju Smart City

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memastikan jaringan internet 5G akan tersedia di gelaran MotoGP 2022 Mandalika yang akan berlangsung pada Maret 2022 mendatang.

"Seperti event-event olahraga sebelumnya di PON XX Jayapura, di Mandalika juga akan di-deploy 5G experience," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate dalam siaran pers yang diterima.

Namun, jaringan internet 5G hanya tersedia di spektrum 2,3GHz. Artinya, internet 5G hanya bisa dijalankan oleh perangkat tertentu yang mendukung spektrum tersebut.

Salah satu produk yang tidak mendukung frekuensi 2,3GHz adalah dari Apple. Plate menyebut perangkat Apple bekerja di frekuensi 2,6GHz, yang mana itu masih diperlukan untuk layanan satelit, bukan telekomunikasi.

Kominfo menjalankan koordinasi dengan produsen smartphone yang beroperasi di frekuensi 2,3GHz.

“Mereka sudah membuka software-nya sehingga nanti di sana pada saat Mandalika MotoGP, 5G juga akan hadir, tapi untuk perangkat-perangkat telepon tertentu," tambahnya.

Sementara untuk operator yang menghadirkan internet 5G di MotoGP 2022 Mandalika adalah mereka yang sudah memperkenalkan jaringan itu di Indonesia.

“Di Mandalika semuanya yang sudah terima, Telkomsel, Indosat dan XL yang akan membuka 5G experience di Indonesia,” ujarnya.

Sebelumnya Kominfo mengatakan tengah menyiapkan tambahan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk ajang MotoGP Mandalika 2022 yang digelar pada Maret mendatang.

Infrastruktur TIK yang disiapkan itu antara lain adalah yang berkaitan dengan teknis MotoGP-nya, termasuk di dalamnya penambahan spektrum frekuensi radio.