Belanja online terus menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tokopedia pun mengumumkan sejumlah temuan menarik tentang perilaku belanja online masyarakat, khususnya di Indonesia bagian barat, jelang akhir tahun 2021.
Ekhel Chandra Wijaya selaku External Communications Senior Lead Tokopedia, mengatakan “Kami mencatat adanya peningkatan transaksi hampir 1,5x lipat, khususnya di wilayah Indonesia bagian barat, selama menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.”
Peningkatan ini didorong oleh berbagai inisiatif yang telah diluncurkan oleh Tokopedia, salah satunya inisiatif Hyperlocal beserta serangkaian turunan programnya yang terus meningkatkan antusiasme masyarakat untuk belanja online.
Inisiatif Hyperlocal disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah dan bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat supaya masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien, serta memberikan kesempatan yang sama kepada UMKM di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh.
Khusus di wilayah Indonesia bagian barat, kategori Rumah Tangga, Kesehatan dan Perawatan Diri, Makanan dan Minuman, serta Elektronik menjadi beberapa kategori yang paling laris di Tokopedia, menjelang akhir tahun 2021.
Di sisi lain, jumlah penjual di Tokopedia juga mengalami peningkatan. Tokopedia mencatat peningkatan jumlah penjual hampir 1,5x lipat, khususnya di wilayah Indonesia bagian barat, selama menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.
“Tokopedia ke depannya akan terus berkomitmen dalam membantu masyarakat beradaptasi menghadapi perkembangan era melalui teknologi. Kami akan terus berusaha untuk berkolaborasi dengan para mitra strategis demi menciptakan inovasi terbaik,” pungkas Ekhel.
Baca Juga: Jadi Unicorn, Kopi Kenangan Optimistis Punya 1.000 Gerai Tahun 2022
Baca Juga: Jelang Nataru 2022, Transaksi Hampers di Tokopedia Naik 3 Kali Lipat