Find Us On Social Media :

DANA Hadirkan Masyarakat Nontunai Peduli Lingkungan via DANA Lestari

By Cakrawala, Kamis, 30 Desember 2021 | 21:00 WIB

Para stakeholder berfoto bersama saat peresmian DANA Lestari melalui kolaborasi dengan TPS 3R Tuksongo baru-baru ini.

DANA kemarin di Borobudur menyampaikan perihal inisiatif sosialnya bertajuk “DANA Lestari” di tanah air. DANA mengeklaim menggelar DANA Lestari untuk menghadirkan masyarakat nontunai peduli lingkungan berkelanjutan di Indonesia. Program perdana DANA Lestari sendiri hadir bekolaborasi dengan masyarakat di sekitar TPS 3R Tuksongo untuk retribusi sampah di kawasan Borobudur, Jawa Tengah.

DANA menambahkan bahwa DANA Lestari dilandaskan oleh kepedulian DANA sebagai dompet digital yang mengedepankan dampak menyeluruh untuk ekosistem ekonomi digital di sekitarnya. DANA menegaskan dirinya melihat pengoptimalan transaksi digital memiliki manfaat yang lebih luas, tidak hanya untuk pertumbuhan ekonomi, melainkan juga pelestarian lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial.

“Pengembangan sektor pariwisata tidak lepas dari pentingnya pelestarian lingkungan untuk menciptakan kawasan wisata yang lebih berkelanjutan dan berdampak bagi sosial ekonomi masyarakatnya. Lewat DANA Lestari, kami berupaya untuk menggenjot sektor pariwisata dengan menumbuhkan kesadaran masyarakat agar lebih tergerak dalam mencintai lingkungan. Kami sadar bahwa teknologi yang dimiliki DANA memungkinkan berlangsungnya inisiatif ini dengan memudahkan cara pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo yang kini sudah go digital,” ujar Agustina Samara (Chief People & Corporate Strategy Officer DANA).

Dengan opsi pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo memanfaatkan DANA, DANA meyakini bisa meningkatkan minat masyarakat sekitar untuk membayar iuran yang dimaksud. Pasalnya, pembayaran bisa dilakukan dengan lebih mudah dan pencatatannya pun lebih baik. Yang selama ini merasa tidak mudah membayar iuran maupun meragukan pencatatan sehubungan hal tersebut, kini mendapatkan jawaban atas permasalahannya itu melalui DANA. Meningkatnya partisipasi masyarakat yang dimaksud pun diharapkan mendorong minat dan tanggung jawab masyarakat di sana dalam melestarikan lingkungannya.

Adapun pembayaran iuran TPS 3R Tuksongo melalui DANA bisa dilakukan dengan menggunakan fitur QRIS pada DANA Bisnis. Bertepatan peresmian DANA Lestari melalui kolaborasi dengan TPS 3R Tuksongo yang dibalut acara “Gebyar DANA Lestari”, DANA juga mengeklaim melakukan edukasi terhadap masyarakat sekitar mengenai langkah-langkah membayar iuran TPS 3R Tuksongo melalui DANA.