Find Us On Social Media :

Ajaib Sekuritas Adopsi Protokol Baru Demi Tingkatkan Pelayanan

By Wisnu Nugroho, Kamis, 30 Desember 2021 | 23:03 WIB

Ajaib adopsi protokol baru yang menjanjikan kapasitas transaksi yang lebih besar

Awal Desember 2021 ini, Bursa Efek Indonesia (BEI) secara resmi mengimplementasikan protokol baru yang disebut Jakarta Automated Trading System (JATS) FIX5.0. Protokol baru ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas transaksi digital di BEI.

Peningkatan kualitas dapat dicapai karena JATS FIX5.0 akan meningkatkan jumlah transaksi yang dapat diproses. Protokol sebelumnya (JATS FIX4.2) hanya dapat memproses 5 juta order dan 2,5 juta transaksi per hari. Sementara protokol FIX5.0 ini dapat memproses 15 juta order dan 7,5 juta transaksi per hari. 

Fithri Hadi (Direktur IT & Manajemen Risiko Bursa Efek Indonesia), menyebut pembaruan ini dibutuhkan untuk menjawab kebutuhan di era digital. Saat ini, investor saham didominasi anak muda yang digital savvy, sehingga transaksi saham via platform digital dipastikan akan semakin tinggi.

“Dengan protokol streaming data terbaru FIX5.0, kami dapat menyajikan streaming transaksi yang lebih cepat dan kapasitas transaksi harian yang lebih besar,” ungkap Fithri. 

“Semua Anggota Bursa ditargetkan dapat bermigrasi ke protokol terbaru ini sebelum Juni 2022 untuk menyambut era digitalisasi pasar modal,” tambah Fithri.

Ajaib Langsung Adopsi 

Meski periode migrasi masih enam bulan lagi, Ajaib Sekuritas saat ini sudah berhasil mengadopsi FIX5.0. Hal ini tidak lepas dari peran Ajaib Sekuritas yang terlibat dalam pilot project FIX5.0, dan menjadi salah satu Anggota Bursa pertama yang berhasil melakukannya. 

“Kami turut mendukung kebijakan BEI untuk mengimplementasikan protokol FIX5.0. Sudah saatnya kita beralih untuk meningkatkan sistem sehingga dapat mempermudah investor dalam bertransaksi dan meningkatkan volume perdagangan,” ungkap Anna Lora (Direktur Utama Ajaib Sekuritas).

Ajaib Sekuritas sendiri adalah bagian dari Ajaib, platform digital untuk investasi saham dan reksa dana yang aman. Dengan Ajaib, pengguna bisa dengan mudah jual-beli saham dan reksa dana secara secara online dan gratis. Enaknya lagi, pengguna dapat berinvestasi dengan modal mulai Rp.10 ribu.

Baca Juga: Ajaib dan mimpi menghilangkan generasi sandwich

Semua kelebihan tersebut membuat Ajaib berhasil menjadi pemain penting di dunia platform keuangan digital saat ini. Per September 2021, Ajaib memiliki jumlah pengguna lebih dari 1 juta investor, dan memproses lebih dari 5 juta transaksi dengan dengan volume saham mencapai 30 miliar per bulan.

Dengan keberadaan FIX5.0, peluang Ajaib untuk tumbuh pun semakin terbuka. “Kami yakin adanya kebijakan ini dapat meningkatkan antusiasme para investor khususnya investor ritel generasi muda Indonesia untuk berinvestasi dan memajukan pasar modal Indonesia,” ungkap Anna.

Harapan yang sama pun dikemukakan BEI. “Ajaib merupakan salah satu Anggota Bursa yang paling awal menyelesaikan migrasi ke protokol FIX5.0,” ungkap Fithri Hadi. “Program ini melengkapi program digitalisasi lainnya yaitu pembukaan rekening online melalui internet yang telah marak digunakan investor ritel Indonesia dimanapun berada,” tambahnya.