Find Us On Social Media :

Duh! Sistem BlackBerry OS Bakal Mati Total Mulai 4 Januari Tahun Ini

By Rizal, Sabtu, 1 Januari 2022 | 11:35 WIB

BlackBerry OS

Pemilik perangkat BlackBerry operating system (OS) tidak akan melakukan atau menerima panggilan, mengirim SMS, menggunakan wifi, dan mengakses data seluler mulai 4 Januari 2022.

Kebijakan itu berlaku untuk semua HP yang menjalankan BlackBerry 7.1 OS dan sebelumnya, sistem operasi BlackBerry 10 dan BlackBerry PlayBook OS 2.1 berbasis tablet.

“Mulai tanggal 4 Januari, perangkat yang menjalankan layanan dan perangkat lunak lama ini melalui operator atau koneksi wifi tidak akan lagi berfungsi dengan andal, termasuk untuk fungsi data, panggilan telepon, SMS, dan 9-1-1,” kata perusahaan, dilansir Trusted Reviews.

Namun, bagi pengguna yang menggunakan perangkat BlackBerry berbasis Android, seperti BlackBerry Priv 2017 masih bisa menjalankan perangkatnya.

Aplikasi BlackBerry Link, BlackBerry Desktop Manager, BlackBerry World, BlackBerry Protect, BlackBerry Messenger dan BlackBerry Blend disebut memiliki fungsi terbatas mulai tanggal itu.

Tanda-tanda "kematian" Blackberry sebenarnya sudah terlihat beberapa tahun belakangan, pada 2019 mereka menghentikan layanan mereka yang tersohor, BlackBerry Messenger atau BBM.

Selain itu, pembaruan sistem untuk BlackBerry OS terakhir diberikan pada 2013, sudah delapan tahun yang lalu.

Pada September tahun lalu, BlackBerry mengumumkan akan menonaktifkan sistem warisan sebelum tanggal penghentian 4 Januari. Sejak keluar dari permainan smartphone, Blackberry telah menemukan kembali dirinya sebagai perusahaan perangkat lunak keamanan internet yang membantu pemerintah dan semacamnya.

Awalnya, BlackBerry terkenal dengan keamanan email dan platform BlackBerry Messenger-nya. Pada September 2020, perusahaan mengatakan BlackBerry berfokus pada penyediaan perangkat lunak dan layanan keamanan bagi perusahaan dan pemerintah di seluruh dunia.

Sejak beralih ke perangkat lunak perusahaan dan perusahaan keamanan siber, mereka telah menerima sejumlah pertanyaan terkait rencana untuk memberikan dukungan berkelanjutan BlackBerry 7.1 OS dan BlackBerry 10.

“Pada tahun 2017, kami berkomitmen untuk menyediakan setidaknya dua tahun lagi dukungan untuk BlackBerry 10 dan setidaknya dua tahun akses jaringan BlackBerry untuk perangkat BBOS,” tambah mereka.