Find Us On Social Media :

Intel Luncurkan Intel Alder Lake Mobile, Diawali Intel Alder Lake H

By Cakrawala, Senin, 10 Januari 2022 | 22:00 WIB

Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk mobile.

Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, pada CES 2022 yang baru lalu, Intel mengenalkan aneka SKU baru Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk desktop. Namun, tidak hanya SKU baru untuk desktop, Intel juga mengumumkan kehadiran Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk mobile alias untuk laptop dan 2 in 1 di dunia. Intel memang menyebutkan Intel Alder Lake merupakan arsitektur scalable yang (akan) “menenagai” lini prosesornya dari desktop sampai ultra mobile. Kehadiran Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk mobile tersebut tentu melengkapi lini prosesor klien Intel terbaru secara keseluruhan berhubung sebelumnya hanya tersedia untuk desktop.

Intel Alder Lake mobile dibagi Intel ke dalam seri H, P, dan U (khusus U, hanya yang 15 W). Seri P merupakan seri baru yang tidak tersedia pada generasi sebelumnya; Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake (untuk mobile). Bila digabung dengan ultra mobile, Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk laptop dan 2 in 1 terbagi ke dalam seri H, P, dan U. Intel menyebutkan Intel Alder Lake H memiliki base power 45 W, Intel Alder Lake P ber-base power 28 W, serta Intel Alder Lake U memiliki base power 15 W dan 9 W. Adapun yang diluncurkan adalah Intel Alder Lake H yang merupakan seri paling tinggi. Terdapat delapan SKU Intel Alder Lake H yang diluncurkan oleh Intel mengawali kehadiran Intel Alder Lake untuk mobile tersebut. Lengkapnya bisa dilihat pada Tabel 1 beserta spesifikasi ringkasnya.

Tabel 1. Tabel SKU Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake untuk mobile yang diumumkan Intel pada CES 2022.

Sementara, Intel Core Generasi ke-11 dengan codename Intel Tiger Lake untuk laptop dan 2 in 1 terbagi ke dalam seri H dan U. Bisa dibilang seri H (pada umumnya) dan U — UP3 dan UP4 — dari Intel Tiger Lake juga memiliki base power yang serupa dengan seri H dan U dari Intel Alder Lake. Namun, seri H pada Intel Tiger Lake juga mencakup H35 yang bisa dibilang memiliki base power 35 W. Kelihatannya seri H35 pada Intel Core Generasi ke-11 untuk mobile digantikan oleh seri P pada Intel Core Generasi ke-12 untuk mobile.

Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake sendiri merupakan prosesor hibrida dalam artian menggunakan arsitektur CPU hibrida; mengandung core CPU dengan dua arsitektur berbeda. Salah satu arsitektur adalah untuk kinerja dan arsitektur satunya lagi adalah untuk efisiensi. Intel Alder Lake mengandung core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Golden Cove dan core CPU dengan arsitektur ber-codename Intel Gracemont. Intel Golden Cove adalah yang untuk kinerja, sedangkan Intel Gracemont adalah yang untuk efisiensi. Core untuk kinerja disebut juga dengan P-core, sedangkan core untuk efisiensi dengan E-core. Menemani P-core dan E-core adalah Intel Thread Director. Intel Thread Director berfungsi untuk membantu sistem operasi menempatkan suatu beban kerja atau thread pada core CPU yang paling optimal sesuai dengan kondisi saat itu.

Meski sama-sama Intel Alder Lake, Intel Alder Lake H memiliki perbedaan dengan Intel Alder Lake S, seperti jumlah P-core maksimal yang lebih sedikit dan jumlah EU maksimal yang lebih banyak.

Meski sama-sama Intel Alder Lake, Intel Alder Lake H tentu memiliki perbedaan dengan Intel Alder Lake desktop alias Intel Alder Lake S berhubung diperuntukkan untuk segmen berbeda. Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H misalnya memiliki CPU dengan jumlah P-core maksimal yang lebih sedikit, tetapi mengandung GPU dengan jumlah EU maksimal yang lebih banyak. Bila CPU Intel Alder Lake S memiliki jumlah P-core maksimal sebanyak delapan, CPU Intel Alder Lake H sebanyak enam. Sementara, bila GPU Intel Alder Lake S mengandung EU sampai sejumlah 32, GPU Intel Alder Lake H mengandung EU sampai sejumlah 96. Jumlah EU pada GPU Intel Alder Lake H yang sampai 96 itu pun menarik karena berbeda dengan Intel Tiger Lake H yang hanya sampai 32. Pasalnya, laptop maupun 2 in 1 yang memanfaatkan prosesor Intel seri H lazimnya menggunakan kartu grafis tambahan.

Begitu pula dengan antarmuka. Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H misalnya mengintegrasikan Thunderbolt 4 dan “hanya” PCI Express 4.0. Adapun Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake S tidak mengintegrasikan Thunderbolt 4, tetapi mengintegrasikan PCI Express 5.0. Sebenarnya Intel Alder Lake H mendukung PCI Express 5.0, tetapi belum “divalidasi”. Jadi, secara resmi hanya mendukung PCI Express 4.0. Selain itu, lajur yang ditujukan untuk kartu grafis tambahan pun hanya delapan bukan enam belas seperti saudara desktopnya. Intel Alder Lake H pun sudah menyertakan PCH secara langsung pada paketnya sehingga tidak membutuhkan cip PCH tambahan. Dengan kata lain, Intel Alder Lake H menyerupai SoC. Generasi sebelumnya, Intel Tiger Lake H, masih membutuhkan PCH terpisah.

Mengintegrasikan PCH pada paketnya, Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H menawarkan berbagai antarmuka. Secara keseluruhan, Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H pun mendukung beragam memori utama.

Seperti varian desktopnya, Intel juga mengeklaim Intel Core Generasi ke-12 dengan codename Intel Alder Lake H menawarkan peningkatan kinerja yang signifikan dibandingkan generasi sebelumnya. Intel mengambil contoh Intel Core i9-12900HK yang merupakan varian teratas yang diluncurkan. Pada bermain gim, Intel mengeklaim Intel Core i9-12900HK menawarkan kinerja yang lebih tinggi sampai 28% dari Intel Core i9-11980HK. Sementara, pada pembuatan konten, Intel mengeklaim Intel Core i9-12900HK menawarkan kinerja yang lebih tinggi sampai 44% dibandingkan Intel Core i9-11980HK. Intel Core i9-11980HK sendiri merupakan flagship Intel sebelumnya. Intel pun menegaskan Intel Core i9-12900HK memberikan kinerja yang lebih baik dari pesaingnya, tepatnya AMD Ryzen 9 5900HX. Pasalnya, Intel mengeklaim pula Intel Core i9-11980HK umumnya memberikan kinerja lebih baik dari AMD Ryzen 9 5900HX. Intel bahkan mengeklaim Intel Core i9-12900HK sebagai prosesor mobile tercepat yang pernah ada.

Adapun ketersediaan perangkat dengan Intel Core Generasi ke-12 ber-codename Intel Alder Lake H di dunia, Intel menyebutkan mulai bulan depan alias Februari 2022. Namun, tidak terdapat informasi lebih lanjut apakah ketersediannya di Indonesia juga mulai bulan tersebut.

Intel mengeklaim varian tertinggi Intel Core Generasi ke-12 ber-codename Intel Alder Lake H yang diluncurkan, Intel Core i9-12900HK, menawarkan peningkatan kinerja sampai 44% pada pembuatan konten dibandingkan flagship Intel generasi sebelumnya.