Find Us On Social Media :

EFISON Rilis Supercomputer ALELEON dengan AMD EPYC Pertama di Indonesia

By Dayu Akbar, Rabu, 5 Januari 2022 | 06:00 WIB

AMD EPYC Generasi ke-3 dengan AMD 3D V-Cache.

Setelah 6 bulan pengujian beta, EFISON berhasil merilis ALELEON, Supercomputer berbasis prosesor AMD EPYC yang merupakan layanan High Performance Computing (HPC) bertenaga prosesor AMD pertama di Indonesia. Dengan kemampuan luar biasa untuk komputasi saintifik, kecerdasan buatan, dan komputasi big data, ALELEON Supercomputer bertujuan untuk membuat HPC dapat diakses oleh semua orang sehingga memungkinkan dan menginspirasi generasi inovator berikutnya.  Sebuah sistem custom-built yang ditenagai oleh prosesor server AMD EPYC 7702P dan Prosesor AMD Ryzen Threadripper 3990X, ALELEON Supercomputer tersedia untuk seluruh masyarakat Indonesia, mulai dari masyarakat umum hingga akademisi dan institusi.

Baca Juga: AMD EPYC Makin Banyak digunakan oleh Supercomputer Terkencang di DuniaAMD EPYC 7702P memiliki 64 core dan 128 thread berdasarkan AMD Infinity Architecture yang memberdayakan perancang sistem dan arsitek cloud untuk mengeluarkan performa server terbaru tanpa mengorbankan usaha, kemudahan pengelolaan, atau kemampuan untuk membantu mengamankan aset terpenting yaitu data.Sementara AMD Ryzen Threadripper 3990X menawarkan 64 core dan 128 thread untuk beban kerja rendering secepat kilat dan total 88 lajur PCIe 4.0 yang luas untuk memenuhi kebutuhan GPU dan NVMe yang besar.   Manfaat Publik Mengakses Supercomputer Pengguna HPC dapat memperoleh manfaat besar dari kecepatan dan kekuatan komputasi dengan ALELEON Supercomputer untuk memenuhi tenggat waktu proyek mereka. Untuk bisnis, efisiensi dan kecepatan dalam mengolah data menjadi arti yang bermakna untuk pengambilan keputusan berpotensi untuk menempatkan proses bisnis yang lebih depan dari kompetitor pada dunia bisnis yang kini sangat dipengaruhi oleh data.    Untuk peneliti dan komunitas saintifik, ALELEON Supercomputer memungkinkan pengguna HPC untuk melakukan komputasi yang lebih kompleks dan canggih. Komputasi yang dipercepat memungkinkan peneliti untuk melakukan lebih banyak lagi trial and error, yang mengarah pada hasil penelitian yang lebih tepat.

Aleleon Supercomputer

Dengan akses ke kecepatan komputasi dan daya ALELEON Supercomputer, organisasi dapat menemukan nilai yang lebih besar dalam memanfaatkan fasilitas superkomputer yang tersedia untuk umum dibandingkan mengeluarkan investasi untuk pengadaan infrastruktur komputer ditempat. Dengan daya komputasi dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh ALELEON Supercomputer kepada publik, hal ini berpotensi menginspirasi dan memungkinkan munculnya bidang penelitian komputasi baru di Indonesia, seperti penelitian nanomaterial menggunakan software QUANTUM ESPRESSO, software open-sorce untuk kalkulasi struktur elektronik dan pemodelan material. Selain meningkatkan kemampuan bisnis dan fasilitas penelitian yang ada, peningkatan aksesibilitas ke teknologi HPC yang disediakan oleh EFISON dapat memiliki dampak ekonomi dan sosial yang lebih luas karena membuka jalan baru untuk penelitian di Indonesia. Dengan ALELEON Supercomputer, EFISON berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi komunitas HPC, mendorong inovasi dan wawasan dengan komputasi performa tinggi yang inovatif dan fitur keamanan canggih untuk membantu memberikan hasil yang belum pernah ada sebelumnya.