Find Us On Social Media :

Korsel Punya 20 Juta Pengguna HP 5G Tahun Lalu, HP 5G Samsung Terlaris

By Rizal, Rabu, 5 Januari 2022 | 14:00 WIB

Ilustrasi 5G

Jumlah pengguna ponsel pintar atau smartphone jaringan 5G di Korea Selatan menembus 20,19 juta pada November 2021, setara 28 persen dari total 72,57 juta langganan seluler di negara tersebut.

Saat ini Korea Selatan memiliki populasi sebanyak 52 juta dan mengkomersialkan jaringan 5G untuk pertama kali pada April 2019. Sejauh ini, layanan tersebut telah tersedia di 85 kota sebagaimana dikutip dari Yonhap.

Jumlah tersebut meningkat dari 19,38 juta langganan 5G pada Oktober ketika banyak smartphone baru diluncurkan termasuk seri iPhone 13. Selain itu, peluncuran ponsel lipat Samsung yakni Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 pada akhir Agustus juga mendorong peningkatan pengguna.

SK Telecom Co., operator seluler terbesar di Korea Selatan, saat ini memiliki jumlah pengguna 5G terbanyak yakni 9,52 juta, diikuti oleh KT Corp sebanyak 6,16 juta dan LG Uplus Corp sebanyak 4,46 juta. Sementara itu, jumlah pengguna smartphone dengan jaringan 4G di Korea Selatan turun menjadi 48,55 juta atau setara 67 persen dari langganan seluler pada November 2021.

Layanan 6G

Ketika Indonesia baru merasakan 5G, Korea Selatan sudah memperkenalkan proyek lima tahunan untuk pengembangan jaringan 6G.

Pemerintah Korsel pun telah menyiapkan dana 220 miliar Won atau Rp2,8 Triliun untuk pengembangan dan implementasi 6G.

Korea Selatan akan menggandeng Amerika Serikat untuk melakukan penelitian 6G. Harapannya, Korsel akan menjadi negara pertama di dunia yang menghadirkan komersialisasi 6G pada 2028.

"Jaringan seluler generasi berikutnya adalah dasar dari inovasi digital, kita harus memainkan peran dan bersama-sama memimpin pasar internasional di generasi ke-6, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan di bidang jaringan," kata Menteri Sains dan TIK Korea Selatan Lim Hye-sook, dikutip dari Gizmochina.

Laporan itu juga mengatakan bahwa internet 6G hanya dapat dikomersialkan, ketika jaringan berkinerja tinggi di darat dan digabungkan dengan komunikasi satelit. Selain itu, para peneliti juga tengah mensosialisasikan pengembangan awal teknologi 6G.

Sementara beberapa perusahaan telah bekerja sama dengan lembaga penelitian untuk mengamankan internet 6G.

Electronics and Telecommunications Research Institute (ETRI) Korea Selatan menyatakan, mereka sedang mengerjakan pita frekuensi terahertz (THz) yang dapat memenuhi persyaratan internet 6G.

Diperkirakan kecepatan internet generasi keenam ini dapat mencapai Terabyte (1TB=1024GB) per detik.