Find Us On Social Media :

Danau Jempang, Wisata Alam Merakyat di Kabupaten Kutai Barat

By Administrator, Jumat, 7 Januari 2022 | 13:45 WIB

Danau Jempang di Kabupaten Kutai Barat

Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur, kaya potensi wisata alam dan budayanya yang khas.

Salah satu tujuan wisata unggulan yang menarik untuk dikunjungi adalah Danau Jempang, danau seluas 15 ribu hektar yang membuat Anda merasa sedang menatap laut saat berada di tepiannya.

Ada beberapa titik wisata untuk bisa menikmati keindahan Danau Jempang ini. Anda bisa menepi di jembatan Tanjung Isuy yang menghadap ke desa nelayan.

Bisa juga menikmati pemandangan Danau Jempang di Tanjung Jone. Namun yang menjadi favorit warga sekitar untuk bersantai adalah tepian Danau Jempang yang berada di Tanjung Jan, seperti yang dilakukan Sisilia, salah satu warga yang mengunjungi tempat tersebut.

“Danau Jempang yang di Tanjung Jan ini kelihatan paling luas dibanding di tempat lain, dan di sini udaranya sejuk walaupun kita datang di siang hari, saat matahari sedang terik-teriknya. Ini karena di sini ada gazebo buat santai-santai,” katanya berbagi cerita.

Siang itu Sisilia datang bersama suami untuk piknik di gazebo. Ia membawa sendiri bekal makan siang untuk disantap sambil menatap hamparan perairan yang terbentang di hadapannya. Meski sederhana, baginya ini adalah momen berkualitas 

“Mungkin ke depannya kalau gazebonya ditambah, lalu ada perahu-perahu wisata, jadi lebih ramai lagi ini tempatnya,” katanya penuh harap.

“Selain itu kalau bisa ada yang jualan, atau kantin wisata. Jadi pengunjung bisa beli makan juga, karena sampai sekarang ini kalau makanan biasanya kita bawa sendiri dari rumah,” lanjutnya.

(Penulis: Mardyana Ulva)

Baca Juga: Kabupaten Halmahera Utara: Smart City untuk Membangkitkan Kembali Potensi Wisata

Baca Juga: Kabupaten Lombok Timur: Kelola Emas Hitam Sembalun Lewat Program Smart City