Find Us On Social Media :

vivo Dirikan Laboratorium Baru demi Smartphone 5G yang Optimal

By Cakrawala, Jumat, 7 Januari 2022 | 22:45 WIB

Ilustrasi petugas vivo melalukan pengujian pada laboratorium jaringan komunikasi yang baru didirikan vivo di Dongguan, Cina.

vivo hari ini di Jakarta mengumumkan telah mendirikan laboratorium baru di kantor pusatnya di Dongguan, Cina. Bekerja sama dengan China Academy of Information and Communications Technology, laboratorium baru tersebut merupakan laboratorium jaringan komunikasi dan merupakan laboratorium jaringan komunikasi terbaru vivo. vivo menyebutkan laboratorium barunya itu akan berfungsi sebagai pusat riset global vivo untuk inovasi teknologi komunikasi seluler. vivo mengharapkan laboratorium yang dimaksud bisa membantunya menghadirkan smartphone yang mampu memberikan pengalaman yang optimal bagi pengguna sesuai kebutuhan pengguna tersebut.

“vivo senantiasa mengutamakan kebutuhan para pengguna dengan menyediakan produk, fungsi, serta pengalaman smartphone terbaik di kelasnya. Dengan semangat berinovasi dalam pengembangan teknologi smartphone, vivo terus menyajikan terobosan baru, salah satunya adalah dengan didirikannya laboratorium jaringan komunikasi di Dongguan, China. Hal ini merupakan perwujudan komitmen jangka panjang vivo terhadap inovasi serta upaya berkelanjutan di area yang membutuhkan pengembangan teknologi lanjutan,” ujar Jingcai Liu (General Manager of Testing Technology and Reputation Management vivo).

vivo mengatakan bahwa laboratorium yang baru didirikannya itu turut dilengkapi fasilitas untuk menyimulasikan berbagai skenario dalam penggunaan harian, akselerasi proses litbang, serta infrastruktur pengujian. Salah satu simulasi yang akan dilakukan vivo di sana adalah simulasi sehubungan 5G. vivo mengeklaim laboratorium barunya bisa secara fleksibel menyesuaikan dan menyimulasikan jangkauan frekuensi alias frequency range yang dimiliki jaringan 5G/4G komersial global. Jadi, vivo bisa menyimulasikan frekuensi 5G/4G yang digunakan di berbagai negara. vivo pun menegaskan laboratorium tersebut menggunakan infrastruktur 5G termasuk base station dan teknologi jaringan inti yang digunakan oleh operator global besar dalam skala besar.

Tak hanya itu, vivo juga mengeklaim akan melakukan uji coba dalam berbagai kondisi gangguan seperti sinyal lemah, jalanan padat, dan pergerakan berkecepatan tinggi. Bahkan, vivo turut melakukan simulasi penggunaan smartphone ala pengguna yang gemar multitasking seperti bermain gim, melakukan panggilan video, dan streaming. Tujuannya untuk memastikan performa smartphone vivo yang optimal; memiliki koneksi yang optimal dalam kondisi jaringan 5G apa pun serta memiliki kinerja yang optimal ketika digunakan dalam berbagai jenis penggunaan.

vivo menambahkan pula bahwa laboratorium jaringan komunikasi terbarunya mempermudah vivo dalam melakukan pengujian sesuai skenario yang dihadapi pengguna pada kehidupan sehari-hari. Pasalnya, dengan kehadiran laboratorium jaringan komunikasi terbarunya itu, pengujian yang sebelumnya harus dilakukan di luar ruangan, kini bisa dilakukan di dalam ruangan, tepatnya di laboratorium bersangkutan. Pengujian pun bisa dilakukan secara lebih akurat karena berbagai variabel lebih bisa disesuaikan.