Find Us On Social Media :

Menjawab Permintaan Pengguna, Clubhouse Rilis Tiga Fitur Baru

By Liana Threestayanti, Senin, 10 Januari 2022 | 18:00 WIB

ClubHouse

Clubhouse hari ini (10/01) mengumumkan peluncuran beberapa pembaruan fitur yang paling banyak diminta pengguna, yaitu Share on Clubhouse, Share & Clip Counts, dan Web Listening. 

Yuk kita intip apa manfaat tiga fitur baru ini dan cara menggunakannya/

Share on Clubhouse memungkinkan Anda membagikan ruangan (room) yang disenangi di oridor (hallway), sehingga pengikut Anda dapat mengetahuinya dan bisa ikut bergabung di ruangan (room) tersebut.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda bisa klik tombol Share atau Bagikan di bagian bawah ruangan (atau Replays). Lalu pilih salah satu opsi untuk membagikan room: Share on Clubhouse, share via a social network, atau share via a messaging app. 

Jika memilih Share on Clubhouse, maka Anda juga dapat menambahkan komentar pribadi tentang ruangan (room) tersebut, seperti “Ruangan ini seru banget! Kalian harus dengerin sih!” lalu Anda dapat membagikannya kepada para pengikut Anda. Kemudian, mereka akan melihat ruangan tersebut di koridor (hallways) dan mereka dapat bergabung dengan Anda di ruangan tersebut. 

Share dan Clip Counts merupakan fitur yang memungkinkan para kreator melihat jumlah orang yang membagikan (atau Share) ruangan tersebut dan mengetahui jumlah orang yang menggunakan fitur Clip. Fitur Clip digunakan untuk mengambil cuplikan pembicaraan di ruangan tersebut. 

Untuk memanfaatkan dua fitur ini, pengguna harus memastikan aplikasi Clubhouse yang digunakan adalah yang ter-update. 

Inovasi lain yang dihadirkan Clubhouse adalah fitur Web Listening. Fitur ini memungkinkan pengguna mendengarkan ruangan (room) Clubhouse di ponsel atau laptop tanpa perlu mendaftar atau mengunduh aplikasi Clubhouse. 

Menurut Clubhouse, fitur ini dikembangkan karena banyaknya permintaan dari para Clubhouser. Dengan fitur ini, para kreator dan komunitas di Clubhouse dapat menarik lebih banyak audiens di luar orang-orang yang memang sudah terdaftar di Clubhouse dan tentunya lebih banyak orang yang dapat menikmati Clubhouse dengan cara yang lebih mudah. 

Pada tahun 2021, para Clubhouser menghabiskan lebih dari 626 juta jam di Clubhouse untuk dapat saling terhubung dengan satu sama lain. Jumlah Klub yang aktif di Clubhouse juga bertambah menjadi 365 ribu Klub dan lebih dari 1 miliar pesan terkirim di Backchannel sejak diluncurkan pada bulan Agustus 2021 lalu. Pada Desember 2021, jumlah orang yang mengunduh Clubhouse bertambah sebanyak 2,6 juta. Angka ini meningkat secara signifikan dari 1,8 juta pengunduh di bulan November 2021.