Find Us On Social Media :

Microchip Umumkan MPLAB ICE 4 yang Perluas Kemampuan Pengembangan

By Cakrawala, Senin, 10 Januari 2022 | 20:00 WIB

Microchip MPLAB ICE 4.

Microchip beberapa hari lalu mengumumkan perkakas pengembangan terbarunya, MPLAB ICE 4, di dunia. MPLAB ICE 4 disebutkan Microchip sebagai perkakas emulasi, debugging, dan pemrograman generasi berikutnya untuk PIC dan AVR MCU (microcontroller unit), dsPIC DSC (digital signal controller), serta SAM MCU dan MPU (microprocessor unit) miliknya. Microchip mengeklaim MPLAB ICE 4 bisa memperluas kemampuan pengembangan rekasayawan sekaligus mempercepat pengembangan yang dilakukan. Pasalnya, Microchip menyebutkan MPLAB ICE 4 merupakan perkakas emulasi dan pemrogramannya yang paling cepat dan memiliki fitur paling kaya untuk MCU dan MPU-nya.

“Para rekasayawan dapat memperluas kemampuan pengembangan mereka dengan sistem all-in-one serba bisa ini, yang membuka kemungkinan dan aplikasi baru dengan opsi peranti keras dan konektivitas nirkabel yang ditingkatkan,” ujar Rodger Richey (Direktur Senior Unit Bisnis Sistem Pengembangan Microchip). “Bersama dengan kemampuan pemantauan daya yang canggih, para embedded design engineer dapat mengoptimalkan peranti keras dan peranti lunak secara bersamaan untuk desain yang komprehensif dan hemat daya,” tambahnya.

Microchip menambahkan bahwa MPLAB ICE 4 menggunakan koneksi USB 3.0 maupun USB 2.0. Selain itu, terdapat opsi untuk menggunakan koneksi Ethernet dan juga Wi-Fi. Dukungan koneksi yang beragam ini tentunya memberikan fleskibilitas dan bisa memudahkan dalam kondisi tertentu. Microchip menyebutkan pula bahwa Ethernet dan Wi-Fi membolehkan koneksi jarak jauh untuk pemrograman dan debugging. Microchip pun menambahkan bahwa Wi-Fi memungkinkan isolasi dari kondisi lingkungan tertentu, seperti pada penggunaan untuk mengontrol motor tegangan tinggi.

Berhubung bisa men-debug dan memprogram seluruh MCU, DSC, dan MPU Microchip; MPLAB ICE 4 — disebut juga MPLAB ICE 4 In-Circuit Emulator — diklaim Microchip bisa menyederhanakan proses desain ketika pengembang beralih dari satu MCU, DSC, atau MPU Microchip ke lainnya. Selain itu, MPLAB ICE 4 juga diklaim memiliki integrasi yang seamless dengan versi terbaru MPLAB X IDE (versi 6.00) dari Microchip sehingga turut memudahkan pengembangan.

Perangkat ICE (in-circuit emulator) terbaru dari Microchip tersebut, tepatnya Microchip DV244140, telah tersedia. MPLAB ICE 4 bersangkutan ditawarkan dengan harga US$1.799. Paket penjualannya menyertakan satu kit aksesori. Kit aksesori tambahan, Microchip AC244140, ditawarkan dengan harga US$350.