Find Us On Social Media :

Apa saja Fitur Keamanan Canggih WhatsApp dan Cara Menggunakannya?

By Rizal, Rabu, 12 Januari 2022 | 15:00 WIB

WhatsApp

Saat ini WhatsApp adalah aplikasi pesan sosial terpopuler di dunia dengan pengguna aktif bulanan sebanyak 2,6 miliar.

Tentunya, Meta membekali WhatsApp dengan fitur keamanan terkini untuk menjamin data penggunanyan

Saat ini WhatsApp memiliki beberapa fitur keamanan WhatsApp verifikasi dua langkah, fitur sidik jari, dan fitur enkripsi end-to-end (ujung ke ujung).

Begini cara untuk menggunakannya seperti dikutip Daily Star:

1. Verifikasi dua langkah

Fitur keamanan verifikasi dua langkah adalah fitur yang memberikan keamanan tambahan untuk akun WhatsApp. Fitur ini memanfaatkan nomor pin sebagai keamanan tambahan.

Untuk mengaktifkan fitur ini pengguna wajib memasukkan alamat e-mail. Nantinya alamat e-mail tersebut akan berguna untuk menyetel ulang PIN saat Anda lupa.

Untuk mengaktifkannya cukup mudah berikut ini langkah-langkahnya:

2. Sidik jari

Fitur keamanan sidik jari merupakan fitur yang dapat diaktifkan oleh pengguna untuk mengamankan akun WhatsAppnya. Fitur ini akan meminta kunci sidik jari pemilik akun WhatsApp saat akan mengakses aplikasi.

Cara mengaktifkan fitur keamanan sidik jari adalah

3. Enkripsi end-to-end

Fitur keamanan end-to-end encryption atau enkripsi dari ujung ke ujung merupakan fitur keamanan yang secara default telah terpasang di akun WhatsApp pengguna. Sistem enkripsi ini berlaku untuk perpesanan teks, audio, video call, dan WhatsApp Web.

Sistem keamanan ini menjamin pengguna WhatsApp bahwa pesan yang terkirim antara dua pihak tidak diretas alias tidak ada orang lain di antara komunikasi yang dilakukan oleh pengguna.