Find Us On Social Media :

Demi Bangun Metaverse, Tencent Bakal Beli Black Shark Rp6,7 Triliun

By Rizal, Kamis, 13 Januari 2022 | 11:00 WIB

Ilustrasi Tencent

Perusahaan raksasa game asal China Tencent berencana akan membeli produsen ponsel dan aksesori gaming Black Shark senilai 3 miliar yuan atau sekitar Rp 6,7 triliun untuk mewujudkan Metaverse.

Gosip itu diungkap oleh outlet media asal China, 36kr.com. Tencent memang ingin mengakuisisi Black Shark untuk menelusuri peluang bisnis dalam tren teknologi dunia virtual yang belakangan sedang "naik daun", yaitu metaverse.

Nantinya, apabila proses akuisisi ini benar-benar terjadi, Black Shark akan membuat hardware penunjang teknologi Augmented Reality (AR) atau Virtual Reality (VR) untuk Tencent.

Tak hanya itu, Black Shark itu akan menjalani proses transformasi bisnis dan digabungkan dalam group Content Business Group di Tencent seperti dikutip Gizmochina.

Staregi bisnis Tencent itu mirip dengan apa yang dilakukan Facebook 2012. Saat itu Facebook mencaplok pembuat kacamata VR Oculus senilai 2 miliar dollar AS (sekitar Rp 22 triliun, kurs dollar AS terhadap rupiah saat itu) untuk membantu proyek AR/VR mereka.

Sayangnya informasi di atas masih berupa rumor karena kedua perusahaan asal China baik Tencent dan Black Shark belum memberikan konfirmasi resmi terkait rumor akuisisi itu.

Black Shark sendiri dikenal sebagai perusahaan yang membuat ponsel serta aksesoris gaming.

Black Shark bukan bagian dari Xiaomi, namun, mayoritas pendanaan yang masuk ke Black Shark memang berasal dari Xiaomi. Xiaomi menyuntik 46 persen dari total modal kepada Black Shark.