Find Us On Social Media :

Sertifikasi PSEF Jamin Orisinalitas Produk Obat dan Alkes Alodokter

By Indah PM, Jumat, 21 Januari 2022 | 11:00 WIB

Alodokter menerima sertifikasi PSEF sebagai jaminan orisinalitas produk obat dan alkes yang dibeli melalui telefarmasi Alodokter.

Dalam rangka mendukung visi pemerintah dalam memastikan masyarakat memiliki akses terhadap obat-obatan yang mudah, nyaman, dan aman teregulasi di era digital ini, Alodokter resmi mendapatkan sertifikasi Penyelenggaraan Sistem Elektronik Farmasi (PSEF).

PSEF merupakan badan hukum yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan e-farmasi untuk keperluan diri sendiri atau pihak lain, yang diatur dalam PERMENKES RI. Dengan sertifikasi PSEF ini Alodokter makin menguatkan komitmen menjadi ekosistem layanan kesehatan masyarakat Indonesia, termasuk dalam penyediaan obat-obatan.

Mengutip dari Badan Litbank Kemenkes, bahwa momentum pandemi banyak dimanfaatkan sales-sales tidak resmi yang menjual produk obat dan alkes secara daring, yang tentunya menimbulkan risiko keamanan terhadap konsumen dan pasien. Hal ini harusnya dapat dicegah dan diawasi. Oleh sebab itulah, regulasi menjadi substansi untuk diikuti sebagai bukti bahwa penyelenggara telefarmasi seperti Alodokter selalu melindungi hak konsumen dan pasien untuk mendapatkan produk obat-obatan dan alkes yang aman dan berkualitas.

“Dengan mendapatkan sertifikasi PSEF ini, bukti bahwa Alodokter menjalankan pelayanan kefarmasian berbasis internet yang sudah sesuai dengan ketetapan peraturan pemerintah. Ke depannya pasti memberikan kenyamanan bagi masyarakat untuk mendapatkan obat-obatan di Alodokter,” ujar Suci Arumsari (President Director & Co Founder Alodokter).

Untuk mendapatkan sertifikasi PSEF ini, Alodokter harus memiliki dua sertifikasi lainnya, yaitu izin dari Kementerian Kesehatan RI serta surat tanda Penyedia Sistem Elektronik (PSE) dari Kementerian Informatika (Kominfo).

Sejauh ini Alodokter memberikan banyak kemudahan bagi pasien untuk memesan obat dan menebus resep di aplikasi Alodokter, sama seperti ketika membeli obat langsung di apotek. Resep yang ditebus juga telah diverifikasi oleh dokter di dalam aplikasi, dan apoteker Alodokter juga dapat melakukan verifikasi langsung terhadap resep tersebut.

Dengan demikian, keaslian data pada resep tidak diragukan lagi. Proses penebusan obat pun menjadi lebih efektif dan efisien. Alodokter juga menjaga dengan baik kerahasiaan data pasien dengan mengantongi sertifikasi ISO27001.