Find Us On Social Media :

LG Kenalkan TV OLED Barunya yang Disiapkan untuk Tahun 2022, Apa Saja?

By Cakrawala, Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

LG OLED seri G2 berukuran 97 inci.

Pada CES 2022 yang berlangsung secara hibrida dari Las Vegas, Amerika Serikat awal tahun ini, LG Electronics memperkenalkan sejumlah TV OLED barunya yang disiapkan untuk tahun 2022 ini di dunia. Sebagai TV OLED generasi terbaru, LG mengeklaim TV-TV tersebut menawarkan berbagai peningkatan dari sebelumnya. Dua di antaranya adalah tingkat kecerahan yang lebih tinggi dan prosesor lebih baru.

Salah satu kekurangan TV OLED adalah tingkat kecerahan maksimalnya yang biasanya tidak setinggi TV LCD kelas atas — menggunakan backlight LED dan sering disebut TV LED. Meski kemungkinan belum mencapai tingkatan TV LCD kelas atas, tambahan tingkat kecerahan pada TV OLED LG tahun 2022 tertentu membuatnya bisa menampilkan gambar yang makin memikat. Sementara, prosesor baru tentu hadir dengan aneka peningkatan yang bisa membuat TV OLED LG tahun 2022 yang memakainya bisa memberikan gambar yang makin baik.

Terdapat beberapa seri baru TV OLED yang dikenalkan LG pada CES 2022 untuk tahun ini. Namun, yang menjadi fokus adalah seri G2 dan seri C2; keduanya memiliki resolusi 4K. Seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini, OLED Evo adalah evolusi selanjutnya dari OLED. Tanpa menyebutkan angka, OLED Evo diklaim mampu menghasilkan tingkat kecerahan yang lebih tinggi dibandingkan OLED. Pada TV OLED LG tahun 2021, hanya seri G1 yang menggunakan OLED Evo. Pada TV OLED LG tahun 2022, selain LG OLED seri G2, varian tertentu LG OLED seri C2 juga menggunakan OLED Evo.

Namun, khusus untuk LG OLED seri G2, LG juga menyematkan teknologi Brightness Booster. LG mengeklaim teknologi Brightness Booster membuat TV OLED seri G2 bisa memberikan tingkat kecerahan yang lebih tinggi lagi tanpa mengatakan besarannya. Brightness Booster sendiri mencapainya dengan disipasi panas yang lebih baik dan algoritma yang lebih canggih. Mungkin tahun depan, LG akan memperluas penggunaan teknologi Brightness Booster tersebut ke LG OLED seri lainnya.

LG pun menegaskan panel OLED yang digunakan TV OLED-nya untuk tahun 2022 telah disertifikasi oleh Intertek — perusahaan pengujian dan sertifikasi — memiliki 100% color fidelity dan 100% color volume. Dengan kata lain TV OLED LG tahun 2022 mampu menampilkan warna yang seperti aslinya dan mampu menampilkan 100% color space DCI-P3 pada seluruh luminance range.

Adapun prosesor yang lebih baru, TV OLED LG yang masuk pada seri G2 dan C2 memakai α 9 Gen 5. Sebelumnya yang dipakai adalah α 9 Gen 4. LG menyebutkan α 9 Gen 5 menawarkan kecepatan dan kecerdasan yang lebih baik. LG menambahkan α 9 Gen 5 memanfaatkan DL (deep learning) untuk meningkatkan kinerja dari upscaling dan menghasilkan gambar dengan nuansa lebih tiga dimensi. Pasalnya, dengan DL tersebut, α 9 Gen 5 bisa membuat gambar yang berada di depan dan gambar yang berada di belakang alias latar lebih bisa dibedakan satu dengan lainnya; memiliki "jarak" lebih jauh.

Selain itu, TV OLED baru yang dikenalkan LG juga menggunakan sistem operasi webOS versi terbaru. Salah satu fiturnya adalah profil personal. Masing-masing pengguna bisa membuat profilnya sehingga bisa mendapatkan pengalaman yang lebih sesuai. Dengan profil personalnya, seorang pengguna misalnya bisa lebih mudah mengakses layanan streaming favoritnya, mendapatkan rekomendasi konten berdasarkan tayangan yang ditonton sebelumnya, dan mendapatkan notifikasi saat ada kabar terbaru terkait dengan tim olahraga favoritnya.

Tak hanya peningkatan-peningkatan di atas, LG OLED seri G2 dan C2 pun menawarkan ukuran diagonal layar yang lebih beragam. LG OLED seri G2 hadir dengan pilihan layar 97 inci dan 83 inci melengkapi pilihan sebelumnya 77 inci, 65 inci, dan 55 inci. Sementara, LG OLED seri C2 menambahkan pilihan layar 42 inci melengkapi pilihan sebelumnya 83 inci, 77 inci, 65 inci, 55 inci, dan 48 inci.

Belum terdapat informasi lebih lanjut mengenai kapan para TV baru LG tersebut mulai tersedia di pasar dunia. Begitu pula di Indonesia.