Find Us On Social Media :

Alasan Microsoft Hentikan Produksi dan Jualan Konsol Xbox One

By Rizal, Minggu, 16 Januari 2022 | 15:30 WIB

Xbox One X Console Controller Front Tilt Top

Akhirnya Microsoft resmi menghentikan produksi seluruh model dari konsol game Xbox One, konsol yang selama ini menjadi kompetitor PlayStation 4 (PS4) dari Sony.

Toko-toko ritel yang masih menjual Xbox One tidak akan mendapatkan pembaruan stok lagi dari Microsoft dan tinggal menghabiskan stoknya.

"Kami telah menghentikan produksi semua model konsol Xbox One pada akhir 2020 untuk fokus pada produksi Xbox Series X/S," kata Senior Director Xbox Console Product Marketing, Cindy Walker seperti dikutip TheVerge.

Sebenarnya Microsoft sudah menghentikan produksi untuk Xbox One X dan Xbox One S versi digital menjelang peluncuran Xbox Series X/S pada November 2020 lalu.

Pada akhir 2020, perusahaan memilih untuk menyetop seluruh model dari Xbox One X/S yang mereka produksi, termasuk Xbox One S versi fisik.

Microsoft akan fokus memproduksi dan memasarkan Xbox Series X/S untuk memenuhi permintaan pasar.

Proses produksi yang difokuskan ini membuat stok Xbox Series S mudah ditemui di pasaran, namun tidak untuk "saudaranya" Xbox Series X yang selalu habis, sama seperti nasib Sony PlayStation 5 (PS5).

Hal itu dikarenakan Xbox Series X memiliki kemampuan lebih mumpuni dibanding Xbox Series S, sehingga pengguna bisa jadi bakal mengincar versi konsol game Xbox yang lebih tangguh.

Masalah lainnya adalahh kelangkaan produk semikonduktor yang masih melanda dunia juga menghambat proses produksi Xbox Series X, begitu juga PS5.

Selama masa produksinya, penjualan Xbox One secara global berkisar di angka 50 juta unit, dan secara statistik belum bisa melampaui penjualan kompetitornya, PS4 yang melampaui 100 juta unit.