Find Us On Social Media :

Bill Gates Prediksi Metaverse Akan Hilangkan Budaya Kerja Masuk Kantor

By Rizal, Senin, 17 Januari 2022 | 09:00 WIB

Bill Gates

Saat ini konsep Metaverse sedang menjadi perbincangan hangat di dunia teknologi, menyusul banyak perusahaan teknologi yang menjadikan Metaverse menjadi visi dan misi perusahaan di masa depan.

Bahkan, Facebook mengubah namanya menjadi Meta yang terinspirasi Metaverse. Microsoft juga akan terjun ke dunia Metaverse dengan menghadirkan aplikasi dan perangkat untuk mewujudkan Metaverse di dunia nyata.

Co-founder Microsoft, Bill Gates memprediksi tahun 2022 akan menjadi permulaan Metaverse. Nantinya, manusia akan akan bekerja lewat dunia Metaverse dan tidak perlu lagi pekerja datang ke kantor.

"Kehidupan manusia akan makin banyak bergantung di dunia digital," katanya.

Bill Gates sendiri kerap memberikan prediksi yang akurat terkait fenomena yang akan terjadi di masa depan.

Bill Gates mengatakan Metaverse akan mengubah kebiasaan di dunia kerja saat ini dan membuat kerja jauh lebih fleksibel serta murah. Hal itu dikarenakan karyawan tidak perlu datang ke kantor.

"Di masa depan, perusahaan akan lebih fleksibel pada karyawannya untuk bekerja dari jarak jauh. Tidak ada lagi bekerja dari kantor," tulisnya di blog pribadinya, gatesnotes.com

Gates melihat para pengguna bisa melakukan banyak hal di dunia Metaverse dari bekerja hingga bersosialisasi. Aktivitas di Metaverse akan dilakukan secara 3D dengan menggunakan avatar digital. Untuk melakukan aktivitas 3D di Metaverse, Bill Gates mengatakan bahwa pengguna memerlukan Headset dan kacamata virtual reality (VR).

"Pengguna harus memakai headset dan kacamata virtual reality untuk bisa melakukannya. Saat ini Microsoft tengah berusaha untuk menambahkan avatar 3D," tutur Gates.

"Manusia membutuhkan perangkat teknologi, seperti headset virtual reality atau tangan robot untuk menangkap gerakan," kata Gates.

Gates berujar perlu waktu untuk menyempurnakan dunia Metaverse, terutama untuk menyempurnakan ekspresi, tubuh, dan suara secara akurat. Penyempurnaan tentunya butuh waktu, namun Bill Gates meyakini tidak akan lama hingga Metaverse akan digunakan sebagai pola hidup baru terutama di dunia kerja.