Find Us On Social Media :

Apa Perangkat Konsol Game Paling Laris di Dunia?, Bukan PS dan Xbox

By Rizal, Senin, 17 Januari 2022 | 17:30 WIB

Nintendo Switch OLED

Permintaan konsol game terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir, menyusul pandemi covid-19 yang merajalela dan memaksa masyarakat untuk berdiam diri di dalam rumah. Banyak milenial yang menghabiskan waktunya untuk bermain game di rumah.

Lantas, apa perangkat konsol game yang paling laris di pasar?

Nintendo Switch menjadi produk konsol game paling banyak diminati masyarakat. Bahkan, penjualan Switch mengalahkan Playstation dan Xbox. Hal ini berdasarkan data dari Game Industry, yang mengungkapkan bahwa konsol game yang punya kelebihan di mobilitasnya adalah perangkat yang paling ramai peminat dan tidak pernah mengalami penyurutan pembeli.

Data tersebut diambil dalam periode 28 Desember 2020 sampai 19 Desember 2021, meskipun penjualan PS dari Sony dan Xbox dari Microsoft digabungkan masih belum bisa menyamakan jumlah penjualan dari Nintendo switch.

Berdasarkan data dari Game Industry, penjualan konsol game Nintendo Switch sebanyak sejumlah 5,3 juta unit dalam periode Desember 2020 sampai Desember 2021, jumlah tersebut baru di hitung dari penjualan di wilayah Jepang.

Menurut Game Industry, jika jumlah penjualan produk Nintendo Switch dihitung secara global kemungkinan bisa ada 3 kali lipat dari jumlah penjualan di jepang, dan data penjualan Nintendo Switch sudah dihitung dari segala varian seperti varian Lite, Standar, maupun OLED.

Di bawah Switch, Sony PlayStation 5 (PS5) menjadi Konsel game terlaris ke dua yang berhasil terjual 942.798 unit. Di peringkat ketiga, ada konsol game dari Microsoft Xbox Series X dengan angka penjualan 95.598 unit.

Faktor lain yang membuat Nintendo Switch laris manis adalah kehadiran game eksklusif yaitu Animal Crossing: New Horizon.

Nintendo banyak menghadirkan sejumlah game baru yang eksklusif untuk Switch seperti Monster Hunter Rise, Pokemon Brilliant Diamond and Shining Pearl, dan Super Mario 3D World+ Bowser’s Fury. Kedepannya, juga masih menjadi kemungkinan bahwa penjualan Nintendo Switch akan makin meroket dan meninggalkan para pesaingnya.