Find Us On Social Media :

Siemens Luncurkan Siemens Industrial Edge untuk Industri Manufaktur

By Adam Rizal, Selasa, 1 Mei 2018 | 17:00 WIB

Siemens Industrial Edge

Siemens AG meluncurkan sebuah platform digitalisasi terbaru bernama Siemens Industrial Edge dalam acara Hannover Messe 2018 di Hannover, Jerman.

Platform itu membantu perangkat automasi dengan cara menyediakan pemrosesan data di tingkat mesin, teknologi analisis canggih dan kemampuan Edge Computing untuk industri manufaktur.

Siemens Industrial Edge menawarkan pengguna kemudahan dalam menjalankan berbagai aplikasi analitis deskriptif, diagnostik, prediksi dan preskriptif. Hal itu memungkinkan konektivitas cloud (data ke cloud) dengan penggunaan Edge Apps dari Siemens dan software yang terintegrasi (Edge App to Device) untuk perangkat automasi.

Platform itu juga memungkinkan proses data dalam jumlah besar secara lokal. Siemens juga meluncurkan aplikasi-aplikasi seperti pemrosesan data, visualisasi data melalui webservers, transfer data ke cloud atau infrastruktur TI, dan siklus inovasi yang cepat dalam pengembangan aplikasi. Perusahaan pun dapat melakukan penghematan biaya untuk penyimpanan dan transfer karena volume data yang besar.

Siemens Industrial Edge mendukung protokol untuk transfer cloud ke MindSphere dan sistem operasi terbuka berbasis cloud milik Siemens. Aplikasi itu juga akan mendukung Message Queuing Telemetry Transport (MQTT) dan membuat transfer data menjadi aman, terlidungi dan efektif.

Siemens Industrial Edge terdiri dari Edge Management, Edge Devices, dan Edge Apps. Edge Management System sebagai pusat kontrol dan pemantauan kondisi dari semua Edge Devices yang terhubung.

Pengguna dapat menggunakan Edge Management System untuk menginstal Edge Apps ke dalam Edge Device tertentu melalui Edge App Store yang terdapat di sistem backend, mis., MindSphere. Edge Devices memiliki software Edge runtime yang menjamin konektivitas data.

Software Edge runtime juga menyediakan lingkungan yang aman bagi aplikasi untuk menjalankan fungsi pada Edge Devices. Edge Apps untuk Siemens Industrial Edge disediakan oleh Siemens serta penyedia pihak ketiga. Selain itu, pengguna juga dapat mengembangkan Edge Apps mereka sendiri yang disesuaikan dengan kebutuhan individu.