Find Us On Social Media :

Garmin Venu 2 Plus Meluncur dengan Dua Fitur Baru, Apa Saja Keduanya?

By Cakrawala, Selasa, 18 Januari 2022 | 21:10 WIB

Ilustrasi penggunaan fitur Garmin Venu 2 Plus.

Garmin hari ini meluncurkan smartwatch barunya yang dilengkapi dengan GPS, Venu 2 Plus, di Jakarta. Garmin menyebutkan Venu 2 Plus seperti Venu seri 2 lainnya menawarkan berbagai fasiltas kesehatan dan kebugaran. Namun, Garmin menambahkan fitur menjawab panggilan telepon/suara dan menggunakan voice assistant tatkala terhubung ke smartphone. Garmin beralasan penambahan kedua fitur yang dimaksud adalah sebagai jawaban atas permintaan pasar.

“Garmin menanggapi permintaan pasar akan penambahan fitur deteksi suara pada lini smartwatch Venu terbaru,” ujar Dan Bartel (Vice President of Global Consumer Sales, Garmin). “Untuk pengguna dengan gaya hidup aktif, kegiatan multi-tasking menjadi sangat penting. Kini pengguna Garmin dapat menjawab panggilan atau mengirim pesan tanpa perlu merogoh saku atau tas mereka,” tambahnya.

Seperti telah disebutkan, fitur menjawab panggilan telepon/suara dan menggunakan voice assistant pada Garmin Venu 2 Plus akan bisa digunakan bila Garmin Venu 2 Plus terhubung ke smartphone. Koneksi yang digunakan adalah Bluetooth. Berkat fitur tersebut, pengguna bisa menjawab panggilan telepon/suara yang masuk ke smartphone yang terhubung melalui Garmin Venu 2 Plus hanya dengan menekan satu tombol. Pengguna misalnya tidak perlu mencari dan mengambil smartphone-nya terlebih dahulu ketika akan menjawab panggilan telepon/suara yang masuk tatkala berolahraga; cukup dari Garmin Venu 2 Plus.

Begitu pula ketika hendak menggunakan voice assistant; pengguna bisa melakukannya dari Garmin Venu 2 Plus. Voice assistant yang didukung menurut Garmin adalah Siri, Google Assistant, dan Bixby. Dengan dukungan penggunaan voice assistant bersangkutan, pengguna Garmin Venu 2 Plus contohnya bisa mengirim pesan, bertanya, dan mengontrol perangkat smart home; semuanya dari Garmin Venu 2 Plus.

Sementara, untuk fasilitas kesehatan dan kebugaran, Garmin Venu 2 Plus memiliki fasilitas yang serupa dengan Garmin Venu seri 2 lainnya. Garmin Venu 2 Plus misalnya mendukung fitness age, sleep score, dan Body Battery. Begitu pula berbagai fasilitas kesehatan dan kebugaran lainnya, seperti pemonitoran detak jantung, pengukuran tingkat saturasi oksigen dalam darah, aneka profil olahraga, dan pelacakan siklus menstruasi.

Fitness age seperti namanya adalah suatu angka yang menunjukkan umur pengguna dari sisi fitness atau kebugaran. Jika pengguna berumur 35 tahun dan fitness age-nya 28 tahun contohnya, pengguna tersebut adalah sangat bugar untuk seusianya.

Sleep score mirip seperti fitness age, hanya saja sleep score menunujukkan kualitas tidur. Makin tinggi angkanya makin baik tidur yang dilakukan sang pengguna. Tidur yang baik tentu memengaruhi kesehatan dan kebugaran seseorang. Garmin sleep score pada perangkat yang telah menggunakannya lebih dulu adalah dari 1 sampai 100. Adapun angka tertinggi alias terbaik adalah 100.

Sementara, Body Battery merujuk pada energi tubuh pengguna. Pemantauan energi Body Battery memungkinkan pengguna mengetahui seberapa penuh kandungan energi tubuhnya serta efek energi yang terkuras dari stres dan olahraga. Body Battery ini seperti baterai smartphone, hanya saja untuk tubuh pengguna.

Garmin Venu 2 Plus hadir dengan watch case berukuran 43 mm dan strap berukuran 20 mm. Watch case-nya menggunakan fiber-reinforced polymer dan stainless-steel untuk bezel dan sisi belakangnya, sedangkan strap-nya berbahan silikon. Layarnya sendiri adalah AMOLED 1,3 inci dengan resolusi 416 x 416 piksel. Layar sentuh tersebut telah pula dilapisi Corning Gorilla Glass 3. Baterainya diklaim bisa bertahan sampai 9 hari pada mode smartwatch. Adapun bobotnya adalah 51 gram.

Tersedia dalam tiga pilihan warna, Garmin Venu 2 Plus ditawarkan dengan harga sekitar Rp7.489.000. Garmin pun memberikan penawaran eksklusif untuk pembelian Venu 2 Plus melalui Garmin Brand Store dan Urban Republic, serta Tokopedia, Blibli, dan Shopee. Garmin menyebutkan pembelian di toko luring menggunakan BCA, Mandiri, DBS dan BRI; pembeli berkesempatan mendapatkan cashback sampai Rp500.000 dan bisa menyicil 0% sampai 18 bulan. Sementara, untuk pembelian secara daring, pembeli bisa mendapatkan cashback Rp500.000 (kuota terbatas). Namun, Garmin tidak mengatakan kapan Venu 2 Plus mulai tersedia. Ketika InfoKomputer mencoba melihatnya pada dua e-commerce yang disebutkan saat membuat tulisan ini, smartwatch tersebut belum tersedia.