Find Us On Social Media :

Pertama di Dunia, MediaTek Demokan Secara Langsung Teknologi Wi-Fi 7

By Cakrawala, Sabtu, 22 Januari 2022 | 10:00 WIB

Ilustrasi MediaTek

MediaTek baru saja di San Jose, Amerika Serikat mengumumkan telah melakukan demo secara langsung teknologi Wi-Fi 7 di hadapan para konsumen dan kolaborator kuncinya. Demo secara langsung alias live demo teknologi Wi-Fi 7 tersebut diklaim MediaTek sebagai yang pertama di dunia dan menunjukkan kapabilitas dari portofolio Filogic-nya yang akan datang.

Walau belum merupakan standar resmi, Wi-Fi 7 merujuk pada generasi berikutnya dari Wi-Fi 6/6E. Wi-Fi 7 menawarkan peningkatan dibandingkan Wi-Fi 6/6E. MediaTek mengeklaim teknologi Wi-Fi 7 antara lain memungkinkan kecepatan transfer yang lebih tinggi dan latensi yang lebih rendah dari sebelumnya.

“Peluncuran Wi-Fi 7 akan menandai pertama kalinya bahwa Wi-Fi dapat menjadi pengganti kabel/Ethernet sesungguhnya untuk aplikasi bandwidth super tinggi,” ucap Alan Hsu (Corporate Vice President and General Manager of the Intelligent Connectivity Business at MediaTek). “Teknologi Wi-Fi 7 MediaTek akan menjadi tulang punggung jaringan rumah, perkantoran, dan industri serta menyediakan konektivitas tanpa batas untuk semuanya, mulai aplikasi AR/VR multi-pemain, cloud gaming, panggilan 4K hingga streaming 8K dan sebagainya,” sebutnya lagi.

MediaTek menambahkan bahwa Wi-Fi 7 memiliki keunikan berhubung menawarkan aneka kapabilitas yang benar-benar baru dan menawarkan hal tersebut pada seluruh spektrum frekuensi yang tersedia untuk Wi-Fi, seperti 2,4 GHz, 5 GHz, dan 6 GHz. MediaTek meyakini Wi-Fi 7 akan memberikan kecepatan yang 2,4 kali lebih cepat dari Wi-Fi 6, bahkan ketika menggunakan jumlah antena yang sama. Wi-Fi 7 juga bisa menekan latensi dibandingkan Wi-Fi 6 dengan melakukan transmisi melalui beberapa pita frekuensi.

MediaTek pun menegasakan demo yang dilakukannya menunjukkan bagaiamana teknologi Wi-Fi 7 dari Filogic bisa mencapai kecepatan maksimum yang ditetapkan IEEE 802.11be — standar yang sedangkan dikembangkan dan kemungkinan yang akan disebut dengan Wi-Fi 7. MediaTek mengeklaim terlibat dengan pengembangan Wi-Fi 7 sejak awal. Produk Wi-Fi 7 sendiri diharapkan MediaTek mulai hadir di pasar dunia pada tahun 2023.