Find Us On Social Media :

Institut Teknologi PLN Terima Hibah Teknologi dari Siemens Indonesia

By Indah PM, Jumat, 28 Januari 2022 | 14:30 WIB

Siemens Indonesia berikan hibah teknologi untuk ITPLN.

PT Siemens Indonesia memberikan hibah teknologi kepada Institut Teknologi PLN (ITPLN). Perusahaan yang telah hadir di Indonesia selama 165 tahun ini memberikan hibah dengan nilai komersial sebesar Rp300 juta. Sebagai bagian dari hibah ini, peralatan switchgear tegangan menengah beserta sistem distribusi dari Siemens akan dipergunakan di Laboratorium Sistem Tenaga Listrik.

Hibah teknologi dalam bentuk produk ini akan memberi siswa akses ke teknologi yang sama dengan yang digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia untuk mengembangkan produk inovatif di berbagai industri. Ini termasuk utilitas, minyak dan gas, pertambangan, pusat data, dan bangunan penting, yang mencakup semua kebutuhan distribusi listrik untuk pengelolaan energi.

“Kami sangat berterima kasih kepada Siemens atas donasi yang luar biasa ini. Dengan menggunakan teknologi yang sama di ruang kelas dengan yang digunakan oleh perusahaan di seluruh dunia untuk mengembangkan berbagai macam produk, siswa kami memperoleh pengalaman belajar di dunia nyata secara kontekstual selama studi mereka yang tentunya akan berguna bagi mereka setelah lulus. Kami berharap juga dengan adanya hibah ini dapat meningkatkan ITPLN menjadi makin unggul dan menjadi perguruan tinggi yang berkelas internasional,” ucap Wakil Rektor IV Bidang Kerjasama dan Usaha ITPLN, Eri Prabowo, dalam sambutannya.

Mahasiswa ITPLN akan memiliki akses ke perangkat proteksi Simoprima A4 dan Fusesaver untuk sistem kelistrikan. Dengan peralatan di laboratorium Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan serta pelatihan pengoperasian switchgear tegangan menengah oleh 'Junior Circle’ (Lingkaran Muda) dari Smart Infrastructure – Electrification and Automation, Siemens Indonesia, mahasiswa akan dapat memantau kondisi switchgear secara akurat dan mampu mengatasi kegagalan pemutus sirkuit.

“Kami berharap kontribusi ini dapat membantu mahasiswa di Fakultas Ketenagalistrikan dan Energi Terbarukan untuk mendapatkan lebih banyak pengetahuan tentang switchgear dan sistem distribusi,” pungkas Lamine Jendoubi, Presiden Direktur dan CEO Siemens Indonesia.