Find Us On Social Media :

Epsilon Hadirkan AWS Direct Connect di Indonesia, Ini Manfaatnya

By Liana Threestayanti, Selasa, 25 Januari 2022 | 18:30 WIB

Ilustrasi teknologi cloud di era digital

Epsilon Telecommunications (Epsilon) mengumumkan ketersediaan akses langsung, tanpa batas, ke Region Amazon Web Services (AWS) Asia Pasifik (Jakarta) di Indonesia. 

Memanfaatkan platform Network as a Service Infiny milik Epsilon, solusi yang dinamai Cloud Connect Epsilon ini memungkinkan para pelanggan untuk membeli dan mengelola koneksi jaringan khusus ke Region AWS yang baru.

Sebagai delivery partner untuk AWS Direct Connect, Epsilon menjanjikan ketersediaan konektivitas yang aman, fleksibel, dan terukur ke AWS melalui jaringan global pribadi. 

Sementara untuk pengguna tingkat lanjut (advanced), Epsilon menawarkan solusi Cloud Networking untuk mengelola lingkungan multi-cloud dengan otomatisasi, keamanan jaringan, serta visibilitas dan kontrol operasional.

Sedikit mengenai AWS Direct Connect, layanan jaringan ini memungkinkan pelanggan memperoleh latensi rendah, koneksi yang aman dan privat ke cloud AWS. Layanan ini biasanya digunakan untuk workload yang membutuhkan jaringan berkecepatan lebih tinggi dan latensi lebih rendah daripada jaringan internet. 

Berbeda dengan VPN, AWS Direct Connect mem-bypass internet publik untuk menghubungkan secara langsung infrastruktur pelanggan ke infrastruktur cloud AWS.

“Indonesia adalah rumah untuk lebih dari 200 juta pengguna internet dan beberapa startup terbesar di Asia Tenggara. Dengan peluncuran Region AWS baru di Indonesia ini, kini para pelanggan dan mitra kami dapat memperluas jejak layanan komputasi awan (cloud) mereka ke salah satu pasar dengan pertumbuhan tercepat di dunia,” jelas Managing Director Asia-Pasifik, Epsilon Telecommunications, Warren Aw. 

Warren menjelaskan bahwa penambahan ini akan memperkuat jaringan layanan koneksi cloud  Epsilon yang sudah ada untuk AWS dan telah tersedia di sejumlah lokasi di Asia-Pasifik, Eropa dan Amerika Serikat. 

Disebutkan oleh Epsilon bahwa Indonesia adalah pasar strategis bagi Epsilon, dengan pelanggan seperti Tokopedia. Perusahaan e-commerce ini memanfaatkan layanan Cloud Routing Epsilon untuk menghubungkan lingkungan cloud produksi Tokopedia di AWS dengan sejumlah cloud lain dengan menggunakan beberapa Cloud Connect berkecepatan tinggi sekaligus. Solusi ini melayani kebutuhan teknologi cloud-to-cloud Tokopedia melalui jaringan pribadi/private Epsilon.

“Melalui Cloud Connect, Epsilon membantu kami untuk dapat langsung mengakses penyedia layanan cloud pilihan kami dengan konektivitas bandwidth-tinggi yang sesuai dengan kebutuhan kami. Oleh karena itu, kami dapat fokus untuk meningkatkan penawaran kami tanpa harus mengkhawatirkan infrastruktur jaringan," komentar VP of Engineering Tokopedia, Ryan de Melo mengenai pemanfaatan solusi Cloud Connect dari Epsilon.  

Selain Epsilon, dua mitra lain untuk AWS Direct Connect di Indonesia adalah Telin dan XL Axiata.