Find Us On Social Media :

Kofax Bagikan Prediksi Automasi dan Transformasi Digital, Apa Saja?

By Cakrawala, Selasa, 25 Januari 2022 | 21:00 WIB

Zakir Ahmed (Senior Vice President & GM - Asia Pacific & Japan, Kofax; kiri) dan Greg Crowl (Director of Sales Engineering - Asia Pacific & Japan, Kofax) ketika menjawab pertanyaan pada acara virtual yang digelar Kofax untuk membagikan sejumlah temuan dan perdiksinya sehubungan automasi dan transformasi digital di Asia Pacific & Japan belum lama ini.

Kofax belum lama ini membagikan sejumlah temuannya sehubungan automasi dan transformasi digital pada tahun 2021, begitu pula sejumlah prediksinya akan automasi dan transformasi digital pada tahun 2022 ini. Temuan dan prediksi Kofax yang disampaikan secara virtual tersebut adalah untuk APJ (Asia Pacific & Japan), yang tentunya mencakup Indonesia. Temuan dan prediksi itu merupakan hasil amatan Kofax terhadap para organisasi yang menjadi konsumennya. Apa saja temuan dan prediksi yang dimaksud?

Secara garis besar, Kofax menemukan bahwa pandemi COVID-19 mengakselerasi automasi dan transformasi digital serta memprediksikan momentum peningkatan automasi dan transformasi digital akan bertahan. Kofax menambahkan bahwa sebelum pandemi COVID-19, peningkatan automasi dan transformasi digital sudah terjadi, bukan hanya karena pandemi COVID-19.

Kofax sendiri memang merupakan perusahaan yang menawarkan peranti lunak untuk intelligent automation. Kofax mengeklaim menawarkan Intelligent Automation Platform yang memungkinkan organisasi untuk beroperasi dengan cara yang lebih efisien dan membantu organisasi sehubungan transformasi digital. Berkat tawarannya tersebut, Kofax pun menyebutkan berhasil menggaet banyak konsumen baru pada tahun 2021. Kofax menegaskan pula bahwa dirinya sedang bertransisi ke cloud sehingga memudahkan para organisasi, termasuk perusahaan kecil, untuk menggunakan tawarannya.

“Sebenarnya, apa yang kami lihat adalah suatu traksi yang besar ketika COVID dimulai dan para perusahaan mulai untuk melihat cara-cara lebih baik untuk membolehkan [mereka] membuat organisasi mereka efektif dan digital. Banyak organisasi yang datang ke kami berbicara megenai automasi dan apa yang mungkin mereka bisa potensial lakukan. Dan ini bukan mengenai mengganti tenaga kerja mereka yang sudah ada, ini bukan mengenai memecat orang atau membiarkan orang pergi, ini adalah mengenai menjadi organisasi yang lebih efisien dan lebih cerdas,” sebut Zakir Ahmed (Senior Vice President & GM - Asia Pacific & Japan, Kofax).

Adapun berbagai temuan yang dibagikan Kofax merujuk pada aneka peningkatan kebutuhan yang dialami para konsumennya serta aneka kapabilitas yang dibutuhkan sehubungan hal-hal tersebut. Begitu pula dengan berbagai prediksi yang dibagikan Kofax. Kofax memastikan aneka kapabilitas yang dimaksud terdapat pada Intelligent Automation Platform yang ditawarkannya.

“Jika Anda harus menjabarkan definisi kami dari Intelligent Automation, itu adalah suatu platform dengan seluruh perkakas yang dibutuhkan untuk mengautomasi aneka proses bisnis dari ujung ke ujung. Dan kami pikir adalah kunci untuk melihatnya sebagai aneka proses dari ujung ke ujung,” jelas Greg Crowl (Director of Sales Engineering - Asia Pacific & Japan, Kofax).

Berikut ini adalah berbagai hal yang dipelajari Kofax dari para konsumennya pada tahun 2021; berbagai peningkatan kebutuhan dan permintaan kapabilitas para konsumennya.

Kebutuhan Kapabilitas
Kemampuan untuk bekerja dari jarak jauh Alur kerja terdistribusi, akses multikanal dari perangkat apa saja di mana saja
Dukungan yang lebih baik untuk kesejahteraan dan kepuasan karyawan AI (artificial intelligence)/ML (machine learning), mengurangi tugas yang tidak membutuhkan banyak keahlian, mengurangi data entry maupun pengerjaan kembali
Interaksi rantai suplai yang lebih resilient Mengintegrasikan para mitra rantai suplai secara elektronik
Kepuasan konsumen yang lebih baik Akses dari kanal apa saja, respons terpersonalisasi yang lebih cepat, mengurangi data entry
Melakukan lebih banyak dengan staf yang lebih sedikit AI/ML, mengurangi tugas manual maupun pengerjaan kembali, perutean tugas yang cerdas
Bekerja lebih efisien untuk mengurangi biaya dan mengimbangi potensi berkurangnya pendapatan Intelligent automation
Kualitas data yang lebih baik untuk menghilangkan pengerjaan ulang AI/ML, validasi data, deteksi penipuan

Sementara, berikut ini adalah berbagai hal yang diprediksikan Kofax dari para konsumennya pada tahun 2022; berbagai peningkatan adopsi yang dilakukan para konsumennya beserta aneka kapabilitas sehubungan dengan itu.

Adopsi Kapabilitas
Kemampuan untuk bekerja dari jarak jauh Akses tugas alur kerja terdistribusi dari perangkat apa saja, aplikasi mobile (seluler), tanda tangan elektronik
Solusi cloud Tersedia di public cloud, private cloud, hybrid cloud, dan on-premises
Cloud printing Onboarding dan penggunaan yang mudah
Perkakas untuk citizen developer Membolehkan pengguna bisnis untuk mendefinisikan kecerdasan dokumen, alur kerja, dan aturan solusi bisnis dengan wizard berbasiskan peramban yang sederhana
AI, ML, dan NLP (natural language processing) Integrasi antara platform alur kerja dan layanan AI secara native.