Find Us On Social Media :

Wajib Punya! Ini Daftar Platform Digital Penyedia Lowongan Kerjaan

By Rizal, Rabu, 26 Januari 2022 | 14:00 WIB

LinkedIn

Saat ini Anda bisa mencari lowongan kerja melalui online. Anda pun dapat dengan memajang profil pada platform digital yang dikhususkan bagi keperluan pelamar kerja.

Seperti LinkedIn yang kini memiliki 774 juta pengguna yang tersebar di 200 negara, dikutip dari laman resminya,

Berikut platform yang memudahkan Anda untuk mencari lapangan pekerjaan lewat digital:

1. linkedin.com

Platform digital yang diluncurkan pada 5 Mei 2003 silam adalah mahakarya Reid Hoffman di Mountain View, California, Amerika Serikat. Pada Desember 2016 lalu, perusahaan ini rampung diakuisisi Microsoft.

2. Jobstreet

Didirikan di Malaysia pada tahun 1997, kini disebut memiliki jaringan 80 ribu perusahaan yang tergabung serta 11 juta pengguna dan pencari kerja terdaftar. Jobstreet berperan sebagai fasilitator pencocokan dan komunikasi lapangan pekerjaan dengan pencari kerja, utamanya Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia, dan Vietnam. Situs ini menyediakan layanan pemantauan lamaran kerja yang dikirim. Sama seperti LinkedIn, pengguna hanya perlu mendaftar dan melengkapi profil yang akan menjadi pertimbangan perusahaan.

3. Glints

Perusahaan ini didirikan oleh Oswald Yeo, Looi Qin En, dan Seah Ying Cong pada Agustus 2013. Namun situs web ini baru kemudian diluncurkan pada Januari setahun berikutnya. Glints menjadi platform bagi pengguna untuk melamar kerja paruh atau penuh waktu, magang, atau bahkan berbasis proyek dengan perusahaan mitra. Pengguna dapat melamar posisi magang, penuh waktu, paruh waktu, atau berbasis proyek dengan perusahaan mitra. Mengutip dari laman glints.com, perusahaan ini memiliki 1,5 juta pengguna dengan 30 ribu lebih perusahaan terdaftar.

4. Karir

Situs ini berasal dari Indonesia. Laman resminya, karir.com, menerangkan setiap calon pekerja akan mendapatkan lowongan sesuai dengan resume, akses yang gratis, dan terdapat fitur pengembangan karir oleh ahli psikologi. Lowongan kerja juga dibagi ke beberapa industri, yang terpopuler pada jasa keuangan dan perbankan. Kemudian ritel, manufaktur, agribisnis, konsultan, farmasi, otomotif hingga perawatan kesehatan.

5. Kalibrr

Perusahaan ini diluncurkan pada 2013 lalu. Pendirinya mantan karyawan Google, Paul Rivera dan Dexter Ligot-Gordon yang merupakan mantan pegawai pemerintah Amerika Serikat di California. Pada pertengahan Juni 2020, Kalibrr bermitra dengan platform ketenagakerjaan di Thailand, Getlinks. Ini meningkatkan jumlah pengguna mereka hingga mencapai 5 juta. Lebih dari itu Getlinks dapat kemudian mengakses pasar yang lebih luas di Indonesia dan Filipina hingga 25.000 perusahaan yang terhubung ke platform digital ini. Oleh Majalah Forbes Asia, Kalibrr masuk di antara empat perusahaan Filipina yang terdaftar dalam ‘100 to watch.’