Find Us On Social Media :

Wi-Fi 6/6E Diperkirakan akan Menjadi Mainstream Tahun 2022 Ini

By Cakrawala, Jumat, 28 Januari 2022 | 13:30 WIB

Wi-Fi 6.

Beberapa waktu lalu, MediaTek menyebutkan telah melakukan demo secara langsung teknologi Wi-Fi 7 di hadapan para konsumen dan kolaborator kuncinya yang diklaim sebagai yang pertama di dunia, seperti yang InfoKomputer sampaikan di sini. Namun, tentu masih butuh waktu untuk perangkat dengan Wi-Fi 7 mulai tersedia di pasar dunia, begitu pula Wi-Fi 7 menjadi mainstream untuk perangkat baru. Apalagi, standar Wi-Fi 7 sendiri bisa dibilang masih dalam pengembangan. Wi-Fi 6/6E yang telah tersedia sejak beberapa waktu saja belum menjadi mainstream untuk perangkat baru pada tahun 2021 lalu.

Menurut TrendForce, pada tahun 2021, secara global, perangkat baru masih lebih banyak menggunakan Wi-Fi 5 dibandingkan Wi-Fi 6/6E. Dengan kata lain, menurut TrendForce, pada tahun 2021, Wi-Fi 5 masih yang menjadi mainstream untuk perangkat baru. TrendForce memperkirakan bahwa pada tahun 2022 inilah Wi-Fi 6/6E baru akan menjadi mainstream untuk perangkat baru. Adapun Wi-Fi 4 dan sebelumnya tidak lagi menjadi standar tertinggi yang digunakan oleh perangkat baru sejak tahun 2020. Bergesernya standar tertingi yang paling banyak digunakan oleh perangkat baru dari Wi-Fi 5 ke Wi-Fi 6/6E tersebut di dunia sejalan dengan matangnya Wi-Fi 6/6E yang dimaksud.

TrendForce memprediksikan pangsa pasar Wi-Fi 6/6E secara global akan mencapai sekitar 58% pada tahun ini, sedangkan pangsa pasar Wi-Fi 5 secara global akan menjadi 42% pada tahun yang sama. Sebelumnya, pangsa pasar Wi-Fi 6/6E hanya sekitar 43% pada tahun lalu, sedangkan pangsa pasar Wi-Fi 5 sekitar 57% pada tahun bersangkutan. Adapun untuk Wi-Fi 7 sendiri, TrendForce memperkirakan penggunaan secara praktis dari Wi-Fi 7 paling cepat terjadi pada akhir tahun 2023.

TrendForce menambahkan bahwa meski pada smart manufacturing umumnya menggunakan Ethernet dan seluler 4G/5G untuk menghubungkan perangkat IoT-nya, Wi-Fi 6 diyakini bisa digunakan untuk keperluan yang sama. Salah satu perusahaan besar yang memproduksi peralatan angkasa bersama WBA (Wireless Broadband Alliance) melakukan percobaan menggunakan Wi-Fi 6 untuk melakukan hal yang dimaksud. Hasilnya, mereka percaya bahwa Wi-Fi 6 bisa digunakan secara massal untuk pemanufakturan. Adopsi Wi-Fi 6/6E oleh smart manufacturing tentunya akan mendorong makin luasnya penggunaan Wi-Fi 6/6E di dunia.