Platform video pendek buatan Google, YouTube Shorts mengungkapkan jumlah penayangan (views) lebih dari 5 triliun melalui perangkat laptop dan HP. Padahal, umur YouTube Shorts masih terbilang baru atau 1,5 tahun.
"Kami sekarang telah mencapai 5 triliun views di Shorts!," kata CEO YouTube Susan Wojcicki dalam posting blog seperti dikutip dari Android Central.
YouTube Shorts sendiri adalah platform video pendek yang ada di YouTube. Selain itu, Wojcicki juga memaparkan YouTube lebih menyiapkan dana 100 juta dolar AS atau Rp 1,4 triliun untuk para kreator yang tersedia di lebih dari 100 negara.
Dana ini nantinya akan diberikan sebagai kompensasi ke kreator YouTube Shorts untuk mempopulerkan platform tersebut.
Sejak Agustus 2021, YouTube memang sudah memberikan kompensasi mulai dari 100-10.000 dolar AS (sekitar Rp 1,4 sampai 143 juta) per bulan ke kreator.
Tahun ini, YouTube Shorts berencana membuat berbagai mode baru yang membantu kreator menghasilkan uang dari konten video pendek mereka. YouTube Shorts akan merilis program yang disebut BrandConnect.
Program itu memungkinkan kreator membuat konten bersponsor dan menghubungkannya dengan brand tertentu.
Selain itu, YouTube ingin memasukkan fitur belanja ke Shorts. Nantinya pengguna bisa menelusuri dan berbelanja produk yang dipromosikan dari Shorts.