Find Us On Social Media :

Bukan Huawei dan Xiaomi, iPhone 13 Jadi Smartphone Terlaris di China

By Rizal, Senin, 31 Januari 2022 | 13:30 WIB

iPhone 13

China adalah pasar smartphone terbesar di dunia dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia dan banyaknya vendor-vendor smartphone dari China.

Firma riset pasar Counterpoint Research melaporkan Apple menjadi vendor smartphone terbesar di China pada kuartal keempat tahun 2021.

Kesukesan Apple itu berkat penjualan iPhone 13 series yang tokcer di pasar dunia termasuk China.

Apple memiliki rekor pangsa pasar tertinggi di Tiongkok pada kuartal keempat tahun 2021, mencakup sekitar 23% dari total pasar ponsel.

Tak hanya laris manisnya iPhone 13, keluarnya Huawei dan segmen premium juga memberi ruang bagi Apple untuk merebut pangsa pasar smartphone premium di China seperti dikutip Gizmochina.

Tepat di belakang Apple adalah vivo asal Tiongkok sendiri dengan pangsa pasar 19%. Posisi ketiga telah direbut oleh OPPO, dengan pangsa pasar 17%. Baik vivo dan OPPO telah mengalami penurunan 6% tahun-ke-tahun.

Honor dengan cepat merebut kembali posisinya di pasar dan sekarang menjadi merek ponsel terbesar keempat di Tiongkok, dengan pangsa pasar 15 persen.

Perusahaan ini juga mengalami pertumbuhan 50 persen tahun-ke-tahun yang mengesankan. Xiaomi, Huawei, dan realme masing-masing berada di posisi kelima, keenam, dan ketujuh dengan pangsa pasar 13%, 7%, dan 3%. Selain itu, merek lain mengisi sisa pangsa pasar 4%.

Sementara merek seperti Apple, Honor, dan realme mengalami pertumbuhan pada Q4 2021, pasar ponsel Tiongkok secara keseluruhan mengalami penurunan 9%.

Namun, sepanjang tahun 2021, vivo muncul sebagai merek terkemuka dengan pangsa pasar 22%, diikuti OPPO, Apple, Xiaomi, Honor, Huawei, dan realme.