Find Us On Social Media :

Bagaimana Cara Kirim Email yang Bisa Hilang Otomatis di Gmail?

By Rizal, Kamis, 3 Februari 2022 | 13:30 WIB

Gmail

Google telah meluncurkan fitur "surat rahasia" yang memungkinkan e-mail yang dikirim bisa terhapus sendiri setelah dibaca dalam waktu tertentu.

Fitur ini kini telah dirilis secara resmi untuk semua layanan baik Gmail untuk Android, iOS maupun desktop.

Fitur itu muncul dalam bentuk ikon gembok kecil bernama "confidential mode" alias "surat rahasia" di jendela penulisan e-mail (compose) di tampilan antarmuka Gmail yang baru.

Lewat fitur ini, Anda bisa menentukan batas waktu alias expiration mulai dari satu hari, satu minggu, satu bulan, hingga paling lama lima tahun agar e-mail bisa terhapus dengan sendirinya.

Dikutip Time, apabila pengguna mengaktifkan fitur confidential mail dengan mengklik ikon ini, maka penerima e-mail nantinya tidak akan bisa meneruskan (forward) surat elektronik yang bersangkutan, atapupun melakukan copy-paste, mengunduh, atau mencetaknya.

Karena itu, pengguna bisa meminta sang penerima untuk mengonfirmasikan identitasnya terlebih dahulu via kode pesan yang dikirim lewat SMS. Mekanismenya ketika mode ini diaktifkan, Gmail akan mengirim e-mail tersebut tidak secara utuh pada bagian body e-mail.

Jika pengirim mengaktifkan opsi untuk menggunakan SMS Passcode untuk membuka pesan, maka penerima e-mail akan mendapatkan SMS berupa kode sandi untuk membuka surat rahasia tersebut.

Selain itu pengirim juga memiliki keleluasaan apakah pesan tersebut akan dihapus sebelum batas waktu habis atau tidak.

Jika ditelaah, mode ini mungkin terinspirasi dari film-film agen rahasia di mana pesan yang dikirim dalam bentuk audio akan otomatis terbakar beberapa detik setelah didengar. Fitur itu telah hadir dan dapat digunakan meski aplikasi Gmail pada ponsel belum dilakukan pembaruan.