Find Us On Social Media :

Whatsapp Web Terbaru: Bisa Kirim Pesan Meski Smartphone Offline

By Wisnu Nugroho, Jumat, 4 Februari 2022 | 10:20 WIB

WhatsApp Web

Selama ini, saat menggunakan Whatsapp lewat komputer, Anda harus memastikan smartphone Anda juga terhubung ke internet. Jika tidak, akan muncul peringatan warna kuning yang menyebut smartphone Anda sedang offline.

Namun melalui update Whatsapp terbaru, keterbatasan itu tidak ada lagi. Anda kini bisa tetap mengirim dan menerima pesan Whatsapp meski smartphone sedang offline.

Cara menggunakan Whatsapp ketika smartphone offline pun terbilang sama seperti sebelumnya. Begitu pula untuk mengaktifkannya pertama kali.

  1. Buka Whatsapp di smartphone, lalu klik menu tiga titik di kanan atas
  2. Pilih Linked Devices
  3. Scan QR code di aplikasi Whatsapp Web atau Whatsapp Desktop Anda

Jika sudah terhubung, Anda bisa berkirim pesan melalui Whatsapp Desktop meski smartphone dalam keadaan mati atau tidak terhubung ke internet.

Beberapa catatan yang perlu Anda ketahui:

  1. Fitur ini berlaku untuk Whatsapp Desktop maupun Whatsapp Web 
  2. Anda tidak bisa membuat atau melihat broadcast list di komputer Anda
  3. Pesan atau telepon Anda mungkin tidak sampai jika orang yang Anda kontak masih menggunakan versi lama Whatsapp.
  4. Fitur ini sendiri masih dalam tahap beta. Jika belum tergabung ke pengguna versi beta, Anda bisa bergabung dengan klik menu tiga titik>Linked Devices>Multi-device Beta.

Anda juga tidak perlu khawatir akan keamanan chat Whatsapp Anda. Whatsapp menyebut, perlindungan end-to-end encryption tetap akan ada di fitur baru ini. Perlindungan end-to-end encryption kini berbasis tiap perangkat, tidak digabung seperti dulu lagi.